Jumat, Juli 19, 2024
Google search engine
Beranda23 Desa di Aceh Selatan Diterjang Banjir

23 Desa di Aceh Selatan Diterjang Banjir

Tapaktuan (Waspada Aceh) – Sedikitnya 23 desa dalam lima kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan diterjang banjir akibat hujan deras yang turun terus-menerus, Jumat sore (5/11/2021).

Menurut laporan sementara, lima kecamatan tersebut masing-masing di Kecamatan Kluet Tengah terdiri dari Desa Mersak, Pulo Air, Kampung Padang, Kampung Sawah, Koto, Malaka dan Jambur Papan. Kec Sawang Desa Panton Luas.

Sementara di Kecematan Trumon Timur, masing-masing Desa Jambo Dalem, Kecamatan Kota Bahagia Desa Desa Beutong, Ujong Gunong Cut, Ujong Gunong Rayeuk, Ujong Tanoh, Jambo Keupok, Buket Gadeng, Seuneubok Keuranj, Rambong dan Alur Dua Mas.

Kecamatan Kluet Selatan yakni di Desa Geulumbuk, Keude Runding, dan Ujong Pasie dan Kecamatan Kluet Utara Desa Pulo Kambing.

Koordinator Pusdalops BPBD Aceh Selatan, Supriadi, kepada Waspadaaceh.com, Sabtu (6/11/2021) di Tapaktuan mengatakan, hujan deras yang terajdi kemarin mengakibatkan sejumlah desa diterjang banjir..

“Air luapan sungai memasuki pemukiman warga dengan ketinggian bervariasi dari 20 hingga 60 cm,” katanya.

Kondisi saat ini, katanya, air banjir mulai surut berangsur-angsur dari pemukiman desa. Begitu juga hulu Sungai Kluet mulai surut, sementara bagian hilirnya meningkat.

Sebanyak 6 rumah warga Desa Keude Padang, Kecamatan Kluet Utara, terancam ambruk ke dasar sungai akibat meluapnya Sungai Kluet.

“Kita sudah menyalurkan logistik masa darurat dan sebentar lagi kami juga akan membangun dapur umum untuk warga Keude Padang,” pungkasnya. (Faisal)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER