20 Hektare Lahan Warga Terbakar di Nagan Raya

    BERBAGI

    Suka Makmue (Waspada Aceh) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulo Kruet Kecamatan Darul Makmur, masih belum berhasil dipadamkan, karena terkendala angin kencang serta asap tebal. Akibatnya 20 hektare lahan milik warga terbakar.

    Area yang terbakar di dua titik tersebut membentuk leter L, sehingga tim pemadaman sulit untuk memadamkan api sejak Kamis sore.

    Irfanda Rinadi, Kalak BPBD Nagan Raya, Jumat malam (15/10/2021) mengatakan, prediksi sementara luas lahan warga yang terbakar mencapai 20 hektare. “Bisa lebih dan bisa kurang, karena sampai malam ini masih fokus untuk melakukan pemadaman,” ujarnya.

    Irfanda juga menyebutkan, untuk memastikan luas lahan yang terbakar masih sangat sulit. Selain api belum bisa dipadamkan, titik api pun sulit dijangkau oleh tim gabungan.

    Untuk mencegah api meluas, tim pemadaman terus berupaya menjinakkan api, kata Irfanda.

    Irfanda menambahkan, tim gabungan TNI, Polri serta BPBD, tetap melakukan pemadaman meskipun telah malam hari. Hal tersebut dilakukan agar api yang membakar lahan warga tidak meluas.

    Kalak BPBD juga mengimbau masyarakat di wilayah Tadu Raya,Tripa Makmur serta Kecamatan Darul Makmur, agar tidak membakar lahan sembarangan, karena saat ini cuaca sedang musim kemarau. (Zul Nagan)

    BERBAGI