Beranda Sumut 12.050 Warga Medan Telah Divaksin di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit

12.050 Warga Medan Telah Divaksin di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit

BERBAGI
Salah satu warga Medan menjalani vaksinasi di Sentra Vaksinasi XL Axiata. (foto/sulaimanachmad)

Medan (Waspada Aceh) – Sejak tiga pekan memberikan layanan di Medan, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit (SVIB) telah memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada 12.050 warga di Medan. SVIB berharap target 20.000 warga Medan dan sekitarnya menjalani vaksin dapat tercapai hingga akhir program.

Atas pencapaian itu juga diharapkan akan berkontribusi pada penanganan COVID-19 dan capaian vaksinasi di Medan dan Sumatera Utara secara umum. Pelaksanaan program vaksinasi yang diinisiasi oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) ini berlangsung di RSUP H Adam Malik dan di lima kecamatan di Kota Medan di antaranya Kecamatan Medan Selayang, Medan Johor, Medan Sunggal, dan Medan Tembung.

Program SVIB ini akan dilaksanakan selama dua bulan hingga 5 November 2021. Program ini merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya membangun Indonesia Digital.

”Antusias masyarakat cukup tinggi untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Dalam satu hari, maksimal kami bisa melakukan penyuntikan kepada 700 warga, dan kuota untuk satu hari selalu habis.”

“Kami sangat terbantu oleh semua pihak yang terlibat sehingga vaksinasi setiap hari bisa berlangsung secara lancar dan aman. Termasuk dari pihak kepala lingkungan dan kelurahan yang mengatur pendaftaran warga untuk vaksinasi di kecamatan,” kata Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, kepada wartawan, Jumat (1/10/2021).

Desy berharap, hingga akhir masa program, SVIB akan bisa melakukan penyuntikan vaksin COVID-19 kepada 20 ribu warga Medan dan sekitarnya. Pelaksanaan penyuntikan vaksin COVID-19 ini, SVIB mendapat dukungan dari Kemenkes RI, Pemko Medan, RSUP H Adam Malik, Pemprov Sumatera Utara, Polda Sumut dan mitra lainnya.

Salah satu warga Medan Marelan penerima vaksin tahap pertama, Dwi Retno Cahyo Utami, mengakui pelaksanaan vaksin XL Axiata ini berjalan dengan baik. Jika sudah mendaftar secara online, warga tidak perlu khawatir untuk antri panjang.

“Saya daftar online melalui link www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit ini. Setelah selesai, kemudian keluar jadwal vaksin saya serta pukul berapa. Kemudian saat tiba di RSU Adam Malik, saya langsung dilayani petugas di sana tidak mengantri lama. Yang penting tepat waktu sesuai waktu yang sudah ditentukan,” ujar Dwi.

Untuk masyarakat yang ingin mengikuti vaksinasi di SVIB ini, warga masih bisa mendaftar secara online melalui laman www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit. Ketentuannya antara lain berusia 12 tahun ke atas, warga negara Indonesia dibuktikan dengan NIK, dan melengkapi validasi data pribadi serta verifikasi kondisi kesehatan calon peserta vaksin.

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, peserta akan menjalani pengecekan kondisi fisik yang dilakukan secara standar kesehatan oleh nakes di lokasi. SVIB beroperasi setiap hari Senin-Jumat (di luar hari libur), mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Vaksinasi untuk Pelajar dan Mahasiswa

Melalui AXIS, XL Axiata juga memberikan dukungan penuh program vaksinasi bagi pelajar dan mahasiswa di 4 kota dan 4 provinsi.

Hingga saat ini, vaksinasi tersebut telah memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada tidak kurang dari 11.200 mahasiswa dan pelajar. (sulaiman achmad)