Beranda Aceh Wali Kota Aminullah Usman: Pelayanan PDAM Tirta Daroy Capai 98 Persen, di...

Wali Kota Aminullah Usman: Pelayanan PDAM Tirta Daroy Capai 98 Persen, di Atas Rata-rata Nasional

BERBAGI
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. (Foto/Waspadaaceh.com)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Pelayanan penyaluran air bersih di Banda Aceh sudah semakin membaik, dan PDAM Tirta Daroy sebagai perusahaan daerah akan terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan warga di Kota Banda Aceh sekitarnya.

“Cakupan layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Banda Aceh bahkan telah mencapai 98 persen,” kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menjawab pertanyaan Waspadaaceh.com, Selasa (21/6/2022) di Pendopo Wali Kota di Banda Aceh.

Aminullah menyebutkan, angka tersebut di atas rata-rata nasional 60 persen. Selain menyuplai air bersih untuk kebutuhan rumah tangga, PDAM juga menyuplai bagi kebutuhan dunia usaha, khususnya pelaku usaha dan lainnya.

“Sambungan air bersih untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya bidang kuliner, mencapai 7.400 sambungan pada tahun 2018, 7.639 di tahun 2019, selanjutnya 8.035 tahun 2020 dan pada tahun 2021 mencapai 8.182 sambungan,” lanjut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Wali Kota Banda Aceh juga menyebutan, sejauh ini pihaknya terus mendorong manajemen PDAM Tirta Daroy agar berupaya memaksimalkan pelayanan yang terbaik bagi 53.000 ribu pelanggannya.

Begitu pun, kata Aminullah, dalam kondisi tertentu pelanggan perlu memahami jika terjadi permasalahan kurang lancarnya suplai air bersih ke sebagian kecil rumah pelanggan karena adanya perbaikan jaringan, dll. Hal itu berdampak pada gangguan penyaluran air bersih. Bahkan, kata Aminullah, PDAM menyiapkan mobil tangki untuk mendistribusikan air saat terjadi gangguan dari pipa jaringan

“Pada waktu tertentu, kekeruhan air baku yang terlalu tinggi juga berpengaruh terhadap pelanggan, karena sumber air hanya dari Krueng Aceh. Kami berharap hal itu bisa dimaklumi, dan Pemko terus mendorong PDAM untuk segera menyelesaikan permasalahan tersebut,” tutur Wali Kota Aminulah Usman.

Dia berhadap para pelanggan dapat berpartisipasi aktif terhadap ketersediaan air bersih, dengan membayar tagihan tepat waktu dan menggunakan air secara bijak.

Aminullah Usman memastikan Pemko Banda Aceh terus mendorong PDAM Tirta Daroy untuk menindak-lanjuti berbagai persoalan dengan menurunkan petugas ke lokasi bila ada keluhan dari pelanggan. (Ria)