Jumat, Juni 21, 2024
Google search engine
BerandaUpdate Corona di Sumut: Jumlah PDP dan ODP Meningkat Tajam

Update Corona di Sumut: Jumlah PDP dan ODP Meningkat Tajam

Medan — Satuan Gugus Tugas Khusus (Satgasus) Penanganan virus Corona atau COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara mencatat jumlah pasien dan orang dalam status PDP atau ODP mengalami kenaikan signifikan.

Untuk itu Satgasus menghimbau masyarakat tetap di rumah dan mengurangi aktifitas di luar. Data yang dipublikan Ketua Satgasus Penanganan Corona Sumut, Riadil Akhir Lubis, melalui video ke Whatsapp hingga Sabtu malam (21/3/2020), terjadi lonjakan. Salah satunya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sebelumnya 36 orang menjadi 48 orang.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 338 orang, data sebelumnya hanya 205 orang. Serta pasien positif masih 2 orang, satu diantaranya telah meninggal dunia.

“Mohon kepada masyarakat mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan menjaga jarak, tetap di rumah, kurangi aktifitas di luar rumah. Lakukan langkah-langkah dan pola hidup bersih dan sehat. Sesering mungkin mencuci tangan pakai sabun,” kata Riadil kepada Waspadaaceh.com melalui pesan Whatsapp.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan, menilai banyaknya ODP yang membandel menyebabkan terjadinya peningkatan. Karena seharusnya, ODP melakukan isolasi mandiri di rumah, tapi malah keluar rumah dan melakukan kontak langsung dengan orang lain.

“Masyarakat kita harapkan melakukan social distancing dan hindari kerumuman. Mohon tidak keluar rumah jika tidak diperlukan. Semua harus menjaga. Kita tidak tahu, ODP yang membandel ini mungkin sudah melakukan kontak dengan kita,” harapnya.

Rangkaian pemeriksaan masih terus berlanjut, khususnya pemeriksaan intensif bagi PDP, yang saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Alwi kembali mengingatkan kepada masyarakat agar sebisa mungkin tidak beraktifitas di luar rumah. Tujuannya agar jumlah ODP tidak terus meningkat di Sumatera Utara.(sulaiman achmad)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER