Beranda Aceh Uji Kelayakan, PA Aceh Jaya Survei Potensi Bacaleg

Uji Kelayakan, PA Aceh Jaya Survei Potensi Bacaleg

BERBAGI
ILUSTRASI. Bendera Partai Aceh. (Foto/Zammil)

Calang (Waspada Aceh) – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh (DPW PA) Kabupaten Aceh Jaya bekerjasama dengan e-TRUST melakukan survei potensial awal popularitas dan akseptabilitas serta elektabilitas bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Jaya yang akan diusung pada Pemilu 2024.

“Survei potensial ini dilakukan pada 54 Bacaleg PA di Aceh Jaya untuk 4 daerah pemilihan di Aceh Jaya. Metode ini pertama dilakukan di Aceh,” ujar Azhar Abdurrahman, Ketua Umum DPW PA Aceh Jaya kepada Waspadaaceh.com, Rabu (4/1/2023).

Azhar menjelaskan, survei nanti berupa pemetaan basis dukungan pada bacaleg dan partai, yang akan dijadikan sebagai acuan basis membangun strategi meraih kursi DPRK pada Pileg 2024

“Hasil survei nanti akan memudahkan partai untuk menentukan siapa yang layak menjadi caleg PA di Aceh Jaya yang ikut kompetisi pileg serentak 2024 mendatang melalui sistem perangkingan,” ujar Azhar.

Untuk itu, lanjutnya, sejak kerjasama survei ditandatangani, seluruh bacaleg sudah diperintahkan untuk segera melakukan observasi ke daerah pemilihan masing – masing agar mampu merebut hati rakyat.

“Pasca penandatangan kerjasama, dalam waktu dekat akan dilakukan survei. Kita berharap pada akhir Februari 2023, hasil akhir survei telah dapat diterima,” bebernya.

Azhar menambahkan, survei tersebut dilakukan sebagai upaya melakukan pembenahan dan mempersiapkan yang baik dan matang dalam menghadapi pemilu serentak 2024.

Menurutnya, tantangan bagi partai lokal seperti Partai Aceh sangatlah besar. Tantangan tersebut tidak hanya dari partai nasional yang punya modal kuat dan tidak terbatas namun juga munculnya partai – partai baru yang pasti akan menggerus basis pemilih Partai Aceh sebelumnya.

“Pada tahap awal perlu penguatan bacaleg dan membangun strategi pemenangan yang baik dalam menyambut kontestasi demokrasi di tahun 2024,” pungkasnya. (*)

BERBAGI