Tim TAPA Segera Susun Agenda Percepatan Pengesahan dan Pembahasan R-APBA 2023

    BERBAGI
    Rapat Paripurna DPRA Tahun 2022 dengan agenda penandatanganan persetujuan bersama terhadap Rancangan KUA dan Rancangan PPAS Tahun Anggaran 2023 di Gedung Utama DPRA, Kamis (18/8/2022). (Foto/Kia)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) akan segera menyusun agenda percepatan pengesahan dan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (R-APBA) tahun 2023.

    Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, bersama Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Safaruddin, telah menandatangani rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2023, di Gedung Utama DPRA di Banda Aceh, Kamis (18/8/2022).
     
    Wakil Ketua DPRA, Safaruddin mengatakan, sebelumnya Pemerintah Aceh sudah menyampaikan rancangan KUA-PPAS tahun anggaran 2023, dalam rapat paripurna DPRA, Jumat (15/7/2022).

    Berdasarkan ketentuan yang ada, kepala daerah menyampaikan rancangan KUA dan PPAS kepada DPRD paling lambat minggu kedua Juli untuk dibahas dan disepakati bersama.

    “Berdasarkan ketentuan pasal 16 ayat 6 Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2019 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, bahwa KUA-PPAS yang telah mendapatkan persetujuan bersama ditandatangani oleh kepala daerah dan pimpinan DPRA dalam rapat paripurna,” kata Safaruddin.
     
    Safaruddin menyebutkan, setelah penandatanganan, DPRA bersama tim TAPA akan segera menyusun agenda percepatan dan pengesahan APBA tahun anggaran 2023, sehingga bisa selesai dan ditetapkan tepat waktu dan tepat sasaran.

    “Kita mengharapkan dengan penyusunan APBA yang berkualitas dapat menekan angka Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) yang selama ini relatif lebih tinggi,” tuturnya.

    Dengan berbagai problem yang belum dapat tertuntaskan seperti angka kemiskinan dan tingginya angka pengangguran, pihaknya berharap APBA tahun anggaran 2023 dapat memberikan perhatian lebih kepada program yang berorientasi kepada upaya peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan. (Kia Rukiah)

    BERBAGI