Rabu, Juli 17, 2024
Google search engine
BerandaAcehTim Basarnas Evakuasi Jenazah ABK Asal Filipina Saat Berlayar di Perairan Selat...

Tim Basarnas Evakuasi Jenazah ABK Asal Filipina Saat Berlayar di Perairan Selat Benggala

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Seorang Anak Buah Kapal (ABK) tewas di kapal MV Sasebo Eco saat berlayar di perairan Selat Benggala, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (12/5/2023). ABK tersebut tewas akibat tertimpa plat baja.

Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh, Al Hussain melalui Kasi Operasi dan Siaga Pencarian dan Pertolongan, Fathur Rahman, mengatakan, korban yang tewas bernama Jerry Salvarino, seorang pria berusia 57 tahun asal Filipina. Kapal kargo berbendera Marshall Islands itu berlayar dengan rute Muara Berau (IND) – Ennore (India).

Korban tewas saat bekerja di ruang oksigen kapal, tertimpa plat baja. Chief Engineer kapal melaporkan kejadian tersebut dan upaya evakuasi langsung dilakukan. “Kemudian Chief Engineer mencoba mengevakuasi korban dengan cara mengangkat pelat baja, namun akhirnya dia memanggil asisten lainnya dikarenakan pelat baja tersebut terlalu berat,” kata Fathur.

Setelah mendapat informasi, KN SAR Kresna bersama dengan tim SAR gabungan bergerak dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh pada pukul 14.30 WIB menuju lokasi di perairan Selat Benggala. Pada pukul 15.30 WIB, tim dari Karantina Kesehatan melakukan pemeriksaan terhadap korban dan menyatakan korban meninggal dunia akibat cedera yang dialaminya.

Evakuasi korban dilakukan pada pukul 15.50 WIB dengan menggunakan KN SAR Kresna dan peralatan lainnya. “Korban kemudian dibawa ke Pelabuhan Ulee Lheue pada pukul 16.15 WIB dan selanjutnya dibawa ke RSUD Zainal Abidin untuk dilakukan autopsi oleh pihak terkait,” tuturnya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER