Beranda Profil Sukses Kembangkan Pertanian, Pj Bupati Abdya Terima SMSI Award 2023

Sukses Kembangkan Pertanian, Pj Bupati Abdya Terima SMSI Award 2023

BERBAGI
Penjabat Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah. (Foto/dok/Waspadaaceh.com)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah menerima penghargaan dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Aceh karena dianggap sukses mengembangkan pertanian.

Penghargaan itu diserahkan oleh Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus didampingi Ketua SMSI Aceh Aldin NL, pada Malam Anugerah SMSI Aceh Award (SAA) 2023 di Parkside Gayo Petro Hotel, Takengon, Aceh Tengah, Senin malam (8/5/2023).

Dari 15 entitas penerima penghargaan, Darmansah termasuk yang dijaring oleh tim penilai sebagai penerima penghargaan kategori Kepala Daerah Penggerak Pembangunan Pertanian.

Keseriusannya di bidang pertanian, khususnya padi kini diakui oleh pusat. Berdasarkan data, pada tahun 2022 Abdya surplus padi 42 ton. Sehingga, tak heran jika Abdya juga dapat memenuhi kebutuhan pangan daerah tetangga.

Sejak dilantik menjadi Pj Bupati Abdya pada 15 Agustus 2022, Darmansah terus mengenjot agar hasil padi di daerah yang berjuluk ‘Bumoe Breuh Sigupai’ ini terus bertambah. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pria kelahiran Sawang, Aceh Selatan, ini. Mulai melakukan pendekatan pusat hingga memberikan dukungan kepada petani, berupa alat mesin pertanian (alsintan), benih unggul genjah, pupuk maupun pembersihan saluran irigasi teknis agar air lancar mengalir.

Di samping itu, pada akhir tahun 2022 Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Husnul Qolbi, mengikuti panen raya bersama 1.000 petani, di Abdya. Abdya merupakan salah satu daerah yang telah diakui kehebatan padinya oleh pusat.

Melihat strategi dan beberapa program yang sudah berjalan, maka sangat tepat penghargaan itu diserahkan kepada Darmansah selaku kepala daerah penggerak pertanian.

Sebagaimana yang disampaikan Ketua SMSI Aceh, Aldin NL, SMSI Aceh Award digelar sebagai bentuk apresiasi para pelaku bisnis media, kepada para aktor pembangunan yang berkiprah di bidangnya masing-masing.

“Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi kepada insan-insan yang telah mendarmabaktikan dirinya demi tercapainya tujuan pembangunan di Aceh,” ungkap Aldin.

Aldin mengatakan dalam perjalanan sosialisasi pelaksanaan Anugerah SMSI Aceh Award 2023 mendapatkan sambutan dari banyak pihak. Bahkan, katanya, banyak yang tertarik menjadi bagian dari malam anugerah yang digelar di tepi Danau Lut Tawar ini.

“Akan tetapi karena award memiliki kriteria khusus, maka harapan-harapan dari yang antusias tersebut, belum dapat kami penuhi,” ungkap Aldin. (*)