Jumat, Juni 21, 2024
Google search engine
BerandaSuhu di Aceh Panas Capai 34 Derajat, BMKG Ingatkan Bahaya Kebakaran

Suhu di Aceh Panas Capai 34 Derajat, BMKG Ingatkan Bahaya Kebakaran

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh memperkirakan suhu udara di Aceh hari ini dan dua hari ke depan mencapai 34 derajat celcius.

Suhu udara yang mencapai 34 derajat celcius ini disebabkan karena wilayah Aceh memasuki musim kemarau.

“Diperkirakan secara umum Aceh masih kondisi cuaca cerah hingga cerah berawan. Dan suhu udara tersebut berpotensi mencapai 34 derajat celcius,” ucap Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Zakaria Ahmad kepada Waspadaaceh.com, Rabu (20/7/2022).

Menurutnya, kondisi seperti ini sangat berpotensi terjadi kebakaran, baik kebakaran hutan maupun permukiman. Kebakaran yang hampir setiap hari terjadi di Banda Aceh dan sekitarnya, kata Zakaria tidak terlepas karena faktor cuaca dengan suhu yang tinggi dan cuaca yang cerah.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat di provinsi paling Barat Indonesia ini agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Jadi kami mengimbau kepada masyarakat khususnya petani agar berhati-hati dalam penggunaan api, agar tidak menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” ujarnya.

Lanjut dia, kepada masyarakat yang hendak bepergian agar memperhatikan titik api (hotspot) yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Terutama bagi ibu rumah tangga yang memasak serta membakar sampah agar memastikan api yang ditinggalkan sudah padam secara total.

Karena di samping cuaca panas, juga pengaruh angin di Aceh cukup besar, mengingat Aceh memasuki angin baratan. Artinya lanjut dia, angin lebih kencang bisa mencapai 20-30 km per jam. Kondisi ini bisa membuat api sangat cepat menyambar kemana-mana, termasuk ke permukiman warga.

Di samping itu, dia juga menyampaikan beberapa hari lalu, suhu di Aceh mencapai 35 derajat celcius. Ketinggian suhu ini kata dia bukan yang pertama kalinya terjadi di Aceh.

“Selama 2022, suhu udara pernah mencapai 35-36 derajat celcius. Biasanya suhu maksimum itu terjadi pada jam 3 sore atau jam 2 sore. Sedangkan pada tahu sebelumnya suhu di Aceh pernah melewati 36 derajat celcius,” tutupnya. (Kia Rukiah)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER