Selasa, Februari 27, 2024
Google search engine
BerandaShalat Idul Adha 2023 Dipusatkan di Blang Padang, Persiapan Sudah 80 Persen

Shalat Idul Adha 2023 Dipusatkan di Blang Padang, Persiapan Sudah 80 Persen

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 Hijriah atau tahun 2023 dipusatkan di Lapangan Blang Padang, Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh.

“InsyaAllah kita melaksanakan shalat Idul Adha di Blang Padang,” kata Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, kepada Waspadaaceh.com, Rabu (21/6/2023).

Blang Padang dipilih sebagai tempat pelaksanaan shalat Ied, kata Saifan. Karena sejatinya, lanjut Saifan, sholat Ied dilakukan di lapangan terbuka. Selain itu, Blang Padang dahulu juga bagian dari Masjid Raya Baiturrahman.

“Maka kita simpulkan bersama shalat Idul Adha tahun ini fokus di Blang Padang seperti shalat Idul Fitri yang lalu,” jelasnya.

Sebelum COVID-19, kata Saipan Nur, shalat Idul Adha maupun Idul Fitri dilakukan di lapangan terbuka. Namun sejak COVID-19, baru tahun ini digiatkan kembali shalat di lapangan terbuka.

Dia menyebutkan, terkait persiapan sejauh ini sudah 80 persen. Namun untuk mencapai 100 persen pihaknya akan melaksanakan rapat finalisasi pada Senin (26/6/2023).

“Persiapan sudah 80 persen dan kita akan rapat kembali untuk mempersiapkan 100 persen mulai dari teknis kebersihan, sarana kamar mandi, sound syistem, pengamanan jalan, parkir dan rute yang harus dilalui jamaah agar tidak terjadi macet,” jelasnya.

Sementara untuk teknisnya sendiri, lanjut Saifan Nur, shalat Idul Adha akan dilaksanakan pada Kamis (29/6/2023). Shalat Idul Adha akan dilangsungkan pada pukul 07.30 hingga 08.00 WIB.

Adapun yang bertugas sebagai khatib Dr. Ridwan Nurdin, MCL (Dosen UIN Ar-Raniry Banda Aceh), bertugas sebagai imam Tgk. H. Muzakkir AR (Imam Masjid Raya). Sementara yang bertugas sebagai naib Imam, Tgk. Abdul Manaf Daud (Imam Masjid Raya). (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments