Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaTausiahPuluhan Ribu Jamaah Padati Masjid Raya Baiturrahman

Puluhan Ribu Jamaah Padati Masjid Raya Baiturrahman

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Puluhan ribu jamaah memadati masjid terbesar kebanggaan masyarakat Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh, untuk melaksanakan sholat tarawih perdana memasuki bulan suci Ramadhan, Rabu malam (16/5/2018).

Jamaah sholat tarawih pada sisi kiri Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh, Rabu (16/5/2018). (Foto/Aldin NL)
Jamaah sholat tarawih pada sisi kiri Masjid
Raya Baiturahman Banda Aceh, Rabu (16/5/2018). (Foto/Aldin NL)

Maski membludak, tapi tidak menyurutkan jamaah untuk menunaikan sholat tarawih pertama di sana bersejarah tersebut. Bahkan ada banyak jamaah yang rela sholat beralaskan rumput di halaman masjid.

Pengamatan Waspadaaceh.com, ruangan masjid tidak sanggup menampung jamaah yang jumlahnya begitu banyak, hingga para jamaah tumpah ke bagian halaman masjid yang berkeramik, dan sebagian halaman memang dibiarkan masih berumput untuk penghijauan. Tapi karena jumlah jamaah begitu banyak, halaman yang berumput pun digunakan sebagai tempat sholat. Masjid ini sebenarnya sudah dirancang untuk mampu menampung 25 ribu jamaah.

Sebelum melaksanakan sholat tarawih, Imam Besar Masjid Raya Baiturahman, Prof Dr. Azman Ismail mengulas sekelumit seputar Ramadhan, sebagai bulan rahmat yang penuh ampunan dan sebaik-baiknya bulan.

Sebelum ke masjid, Azman Ismail menganjurkan untuk mengambil  wudhu di rumah masing masing. Sebab, dengan menjaga dan selalu dalam keadaan berwudhu,  begitu kita melangkah kanan menuju ke masjid, kita akan memperoleh kebaikan dan Allah akan mengampuni dosa-dosa hingga kita sampai di masjid.

Tarawih di masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini, sebanyak 23 raka’at. Tapi bagi jamaah yang biasa melaksanakan sholat tarawih delapan raka’-at, bisa mengikuti imam sampai pada raka’at ke delapan. Selanjutnya sholat witir tiga raka’at sendirian.

 

Tarawih malam pertama Ramadhan 2018 ini, suasana Kota Banda Aceh tampak lengang. Warga berbondong-bondong menuju masjid terdekat. Selain Masjid Raya Baiturrahman, tempat ibadah favorit warga lainnya di Banda Aceh adalah Masjid Oman, Masjid Makmur, Lamprit, Masjid Kupiah Meukutop, Setui dan Masjid Kopelma, Darussalam. (Cdr)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER