Selasa, Maret 5, 2024
Google search engine
BerandaInforial Pemerintah AcehPT Aceh Energi akan Eksplorasi Migas di Wilayah Kerja yang Baru

PT Aceh Energi akan Eksplorasi Migas di Wilayah Kerja yang Baru

Banda Aceh (Waspada Aceh) – PT Aceh Energi akan melakukan eksplorasi migas wilayah kerja Bireuen – Sigli dengan harapan dapat meningkatkan produksi minyak dan gas di Aceh.

Kepala BPMA, Teuku Mohamad Faisal, mengatakan, kegiatan eksplorasi ini merupakan proses awal pengumpulan data kemudian akan dilakukan tindak lanjut untuk melihat potensi ekonominya.

“Jika hasilnya bagus maka baru bisa direalisasikan untuk kemudian diproduksi dan dikomersialkan,” tuturnya, Rabu (26/7/2023).

Adapun wilayah kerja Bireuen-Sigli berlokasi di darat dengan luas wilayah 4,845.02 km2 dan signature bonus sebesar USD 1,000,000.

Komitmen pasti selama 3 tahun pertama dalam kontrak kerja sama ini mencakup studi Geologi dan Geofisika, akuisisi dan pengolahan seismik 2D, dan 1 sumur eksplorasi dengan total komitmen pasti sebesar USD 36,000,000.

“BPMA terus menggencarkan kegiatan eksplorasi hulu migas salah satunya dengan penambahan Wilayah Kerja di tahun 2023,” jelasnya.

Di awal tahun ini, lanjutnya, Pemerintah Aceh sudah melakukan  penandatanganan 2 kontrak kerja sama dengan Conrad Asia Energy Ltd untuk Wilayah Kerja Offshore North West Aceh (ONWA di lepas pantai Meulaboh) dan Wilayah Kerja Offshore South West Aceh (OSWA di lepas pantai Singkil).

Dia menambahkan wilayah Aceh masih menjadi salah satu Provinsi yang menjadi daya tarik bagi para investor dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi di industri hulu migas.

Lanjutnya, tidak hanya penambahan wilayah kerja, BPMA turut menjalankan beberapa kegiatan strategis yang saat ini sedang dijalankan bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) baik kegiatan eksplorasi maupun eksploitasi diantaranya pemboran sumur eksplorasi, akuisisi dan prosesing seismik 3D dan beberapa studi Geologi, Geofisika dan reservoir.

Kontrak kerja sama eksplorasi Wilayah Kerja Bireuen – Sigli ini telah ditandatangani oleh PT Aceh Energy dan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki.

Penandatanganan dilakukan langsung di sela kegiatan The 47th IPA Convention & Exhibition (Convex) 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Selasa (25/7/2023). (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments