Minggu, Desember 10, 2023
Google search engine
BerandaPrediksi BMKG: 3 Hari Kedepan Aceh Dilanda Hujan dan Petir
Array

Prediksi BMKG: 3 Hari Kedepan Aceh Dilanda Hujan dan Petir

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai petir diperkirakan akan melanda Aceh selama tiga hari ke depan.

Daerah yang berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat disertai angin kencang meliputi Simeulue, Aceh Singkil, Aceh Barat Daya, Pidie Jaya, Lhokseumawe, Bener Meriah, Nagan Raya, Aceh Selatan, Bireuen, Aceh Jaya, Aceh Barat, Subulussalam, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan Aceh Singkil.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh, Betsi, menyampaikan bahwa fenomena ini terjadi mulai dari tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus 2023.

Ia menjelaskan belokan angin di wilayah Aceh menyebabkan daerah perlambatan kecepatan angin, yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Aceh.

Dia mengatakan suhu udara diperkirakan berkisar antara 18 hingga 34 derajat Celsius, dengan indeks sinar Ultraviolet yang berada dalam kategori rendah hingga tinggi, hampir di seluruh wilayah Aceh.

“Ketinggian gelombang air laut di wilayah Aceh juga diprediksi dalam kondisi tenang hingga tinggi, berkisar antara 0,01 hingga 4,00 meter,” kata Betsi saat dikonfirmasi Waspadaaceh.com, Senin (31/7/2023).

BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi hingga 4.00 meter di wilayah Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, dan Samudera Hindia Barat Aceh.

Selain itu, masyarakat diharapkan menjauh dari kawasan sungai, pantai, danau, serta waduk, karena tanah rawan longsor dan pohon rawan tumbang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments