Kamis, Februari 29, 2024
Google search engine
BerandaInforial Pemerintah AcehPj Gubernur Minta APIP dan APH Sinergisitas Wujudkan Ketahanan Pangan di Aceh

Pj Gubernur Minta APIP dan APH Sinergisitas Wujudkan Ketahanan Pangan di Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, mengajak Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) untuk bersinergi dalam mewujudkan ketahanan pangan di Aceh.

Menurutnya, pemerintah perlu menyusun rencana dan tata ruang agar sumber daya alam dikelola dengan baik dan benar. Indonesia kaya dengan hasil pertanian dan perkebunan, tentu dengan pengelolaan hulu dan hilir harus menjadi perhatian bersama.

BACA: Penuhi Undangan Presiden Jokowi, Pj Gubernur Achmad Marzuki Paparkan Sejumlah Isu di Aceh

Pj Gubernur Aceh menyampaikan hal itu saat membuka rapat koordinasi pengawasan bidang ketahanan pangan Provinsi Aceh di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Senin (29/8/2022).

Achmad Marzuki menilai, tingginya angka inflasi di Indonesia menyebabkan pemerintah perlu melakukan subsidi biaya transportasi pada kegiatan-kegiatan produksi yang menyangkut bidang pangan tersebut. Belum lagi masalah gabah yang belum bisa dikelola di Aceh itu sendiri.

“Ketahanan pangan tidak hanya dilakukan pada acara besar (seremonial) saja, tapi harus dilakukan kapan dan di mana saja untuk menjaga kestabilan pangan di wilayah, khususnya di Aceh,” ujarnya.

BACA: Pj Gubernur Aceh Minta Dukungan Menhub Percepat Pembangunan Transportasi Aceh

Oleh karena itu, kerja sama APIP dan APH di bidang pertanian menurutnya perlu ditingkatkan sebagaimana dikuatkan dengan peran satgas pangan dalam mendorong adanya kestabilan harga di wilayah. Selain itu juga perlu disusun strategi jika kebutuhan pangan seperti beras mengalami kelebihan yang stock.

Pj Gubernur Aceh berharap, APIP dan APH serta satgas pangan dapat merumuskan efektivitas dan optimalisasi dalam mengatasi segala kemungkinan penyelewengan di bidang pangan atau ketakutan pengelolaan anggaran.

“Hal itu dapat dilakukan dengan koordinasi sebaik-baiknya. Aceh tidak hanya tangguh di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan tapi juga dapat menjadi lumbung ketahanan nasional,” jelas Achmad Marzuki. (Ria)

Waspada Aceh on TV

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments