Beranda Info Aceh Jaya Pemkab Aceh Jaya dan UTU Melaboh Jalin Kerjasama

Pemkab Aceh Jaya dan UTU Melaboh Jalin Kerjasama

BERBAGI
Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB, didampingi Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S, Sekretaris Daerah, Mustafa serta Rektor UTU Meulaboh, Jasman J Ma'ruf melakukan penandatangan nota kesepahaman di aula lantai III Setdakab setempat, Kamis (13/8/2020). (Foto/Ist)

Calang (Waspada Aceh) – Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB, bersama Rektor UTU Meulaboh, Jasman J Ma’ruf, melakukan penandatangan nota kesepahaman atau MoU di aula lantai III Setdakab setempat, Kamis (13/8/2020)

Nota kesepakatan kerjasama Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dengan Universitas Teuku Umar (UTU) Melaboh meliputi bidang pengembangan sektor pendidikan, penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya manusia di kabupaten tersebut.

Usai penandatangan, Bupati Aceh Jaya, mengungkapkan, bagian yang tidak terpisahkan dari kerja sama tersebut yakni pengembangan bidang pertanian.

Bidang tersebut, lanjutnya, sesuai dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki Aceh Jaya. Tentunya, MoU tersebut dapat terimplementasi dengan baik di masa mendatang.

“Kami sangat menaruh harapan kepada UTU agar kerjasama ini berjalan dengan lancar. Kami juga mengimbau, agar para kepala SKPK dapat melihat peluang untuk mengembangkan berbagai sektor yang ada di Aceh Jaya,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Teuku Umar Meulaboh, Jasman J. Ma’ruf  mengungkapkan, Aceh Jaya kaya dengan berbagai potensi alamnya, terutama sektor pertanian, perikanan dan kelautan.

“Potensi tersebut tidak berguna jika tidak dioptimalkan pemanfaatannya. Tahap awal akan kita lihat dulu, hal apa yang cepat mendongkrak perekonomian masyarakat di sini,” ujar rektor

Dia menerangkan, saat ini sektor pangan belum menguasai skala nasional karena masih impor. Namun kata dia, kedepannya akan mencari cara untuk mengoptimalkan petani Aceh Jaya agar mampu meningkatkan hasil panen demi terpenuhi permintaan pasar.

“Kami sebagai lembaga perguruan tinggi, ada nilai tiga tri darma. Pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Maka dengan itu, kita inginkan nilai tambah kepada para petani agar mengoptimalkan produk dengan baik serta sistem hilirisasi juga akan kita kembangkan,” tutupnya. (Zammil)

BERBAGI