Rabu, Februari 28, 2024
Google search engine
BerandaOlahragaMenpora Resmi Luncurkan Maskot Gajah dan Tagline PON ke-21 Aceh-Sumut 2024

Menpora Resmi Luncurkan Maskot Gajah dan Tagline PON ke-21 Aceh-Sumut 2024

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali resmi memperkenalkan maskot, logo, dan tagline PON ke-21 Aceh-Sumut tahun 2024 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (28/1/2023).

Peluncuran secara simbolis ditandai dengan panahan yang dilakukan oleh Menpora RI Zainudin Amali didampingi Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Anggota DPR RI Illiza Saaduddin Jamal. Pada kesempatan badut Maskot Gajah juga turut menyapa dari atas panggung utama.

Zainuddin Amali memperkenalkan maskot PON Aceh-Sumut dengan simbol gajah Aceh yang disebut dengan Po Meurah mengenakan kupiah mekeutop dengan warna khas Aceh.

Dilansir dari akun instagram @dispora_Aceh fillosofi maskot Po Murah dimaknai dengan suatu perjalanan panjang keterlibatan gajah pada zaman dahulu sebagai transportasi di masa kesultanan Aceh. Gajah sebagai salah satu satwa kunci yang sangat berjasa bagi ekosistem. Gajah dimaknai sebagai simbol kekuatan, kesetiaan dan persatuan.

Sementara itu logo PON Aceh-Sumut dengan simbol perpaduan grafis rencong pusaka Aceh, bermakna simbol keberanian keperkasaan, kepahlawanan dan patriotisme.
Tiga ring dalam logo KONI sebagai wadah induk olahraga prestasi Indonesia. Kain songket Melayu sebagai simbol keramah tamahan, sopan santun dan kesucian. Kain ulos batak simbol kasih sayang dan persaudaraan. Pelaksanaan PON Aceh-Sumut juga mengusung tagline “Bersatu Kita Juara”.

“Suksesnya terselenggara PON Aceh-Sumut ini jika terpenuhinya empat target yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi dan sukses ekonomi daerah,” kata Menpora RI Zainudin Amali.

Acara dimeriahkan dengan pertunjukan seni dan budaya seperti penampilan atraksi barongsai, marching band, penampilan tari seudati dan pertunjukan seni lainnya.

Sebelum agenda peluncuran diawali dengan fun walk yang diikuti oleh berbagai komunitas, serta parade para atlet dari berbagai cabang olahraga, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum lainnya.

Selain itu berbagai kegiatan menarik turut dihadirkan pada kegiatan tersebut, di antaranya UMKM support, dan pembagian doorprize. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments