Kamis, Februari 29, 2024
Google search engine
BerandaDisbudpar AcehMenikmati Sambal Oen Kaye, Menu Spesial Berbuka di Bulan Ramadhan

Menikmati Sambal Oen Kaye, Menu Spesial Berbuka di Bulan Ramadhan

Suka Makmue (Waspada Aceh) – Sambal Oen Kaye atau sering disebut warga Nagan Raya, Nicah Oen Kaye merupakan salah satu menu spesial berbuka puasa di bulan suci Ramadhan.

Sambal oen kaye tersebut diracik dari 44 macam daun kayu. Daun kayu itu dicari di kawasan hutan di pergunungan, kata A.Latif, Minggu (17/4/2022).

A.Latif adalah salah seorang pembuat dan penjual sambal oen kaye. Kata dia, menu ini khusus dijual di bulan suci Ramadhan. Karena itu, dia sejak hari pertama Ramadhan telah menjual sambal oen kaye di lapak yang telah disediakan.

Untuk harga jual sambal oen kaye, A.Latif menjualnya dalam sebungkus seharga Rp5.000. “Alhamdulillah, dalam sehari bisa laku terjual 40 hingga 50 bungkus,” kata A.Latif.

Dia juga menambahkan, meskipun sulit untuk mendapatkan bahan baku, terutama dedaunannya, dia tetap berusaha mencarinya untuk memenuhi permintaan pembeli. 

Sementara itu salah seorang konsumen, Samsul Bahri, mengatakan, setiap memasuki bulan Ramadhan, sambal oen kaye itu merupakan menu andalan berbuka puasa dalam keluarganya.

Berbagai cerita dia dapatkan dari orang tua terdahulu, yang berbuka dengan sambal oen kaye. Selain bermanfaat bagi kesehatan, konon juga akan menjadi saksi bagi yang berpuasa ketika di akhir zaman nanti. (Zul Nagan)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments