Rabu, Februari 21, 2024
Google search engine
BerandaLaporan KhususMelirik Eksotisme Wisata Aceh Tengah

Melirik Eksotisme Wisata Aceh Tengah

“Aceh Tengah ini punya potensi yang sangat menjanjikan dengan udara yang dingin didukung beberapa spot wisata yang cukup menarik bagi wisatawan”

— Pj Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan —

Aceh Tengah merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Ibu Kota Aceh Tengah adalah Takengon, sebuah kota kecil yang terdiri dari 14 kecamatan dengan kepadatan penduduk 219.744 jiwa.

Takengon hanya sebuah kota kecil berhawa sejuk yang berada di salah satu bagian punggung pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang Pulau Sumatra.

Namun apa yang membedakan Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues ? Benar bahwa ketiga daerah ini memiliki letak geografis yang berdekatan, sama-sama dijuluki sebagai Dataran Tinggi Gayo. Masyarakatnya juga berasal dari suku Gayo serta mata pencariannya rata-rata sebagai petani.

Namun ketiga daerah ini memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Sekilas, Bener Meriah dikenal sebagai daerah penghasil kopi terbaik dunia, Gayo Lues dikenal budaya Tarian Saman yang mendunia dan Aceh Tengah dikenal dengan Danau Laut Tawar-nya.

Keindahan Laut Tawar telah mampu memikat para wisatawan untuk menjelajahi kota yang berhawa sejuk ini. Ada beberapa objek wisata di Kabupaten Aceh Tengah yang menawarkan keunikan yang hanya bisa ditemui di daerah Takengon.

Tempat wisatanya sangat beragam mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata kuliner. Ada 10 wisata yang recommended untuk dikunjungi.

1. Pesona Danau Laut Tawar

Tempat pertama yang paling wajib dikunjungi adalah Danau Laut Tawar yang memiliki luas 5.472 hektare dan panjang 17 kilometer serta lebar 3.219 hektare.

Danau ini sumber kehidupan masyarakat Dataran Tinggi Gayo. Selain bisa menjadi mata pencaharian masyarakat sekitar, juga dijadikan sebagai objek wisata.

Di sekeliling danau ini banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Dermaga Pante Menye, Pante Gemasih, Ujung Kelaping, Teluk Mendale dan lainnya. Dalam danau ini juga terdapat jenis ikan depik yang hanya bisa ditemui di Takengon.

2. Pantan Terong

Pantan Terong menawarkan keindahan alam yang memukau. Dari Pantan Terong, dapat terekam keindahan Kota Takengon. Pantan Terong berada di Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah, letaknya berada di ketinggian 1.803 Meter di atas permukaan laut (mdpl).

3. Bur Telege

Bur Telege sendiri berada di Kampung Bale, Takengon Aceh Tengah. Ada beberapa spot foto yang dapat ditemui di Bur Telege salah satunya permadani terbang.

4. Arung Jeram di Krueng Peusangan

Arung Jeram ini berada di Lukup Badak, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah. Tempat ini sangat cocok bagi yang menyukai tantangan yang dapat memancing adrenalin karena airnya yang deras.

5. Buntul Rintis

Buntul Rintis terletak di Kampung Tansaren, Bebesen, Aceh Tengah. Di tempat ini wisatawan dapat berpose dengan sarang burung raksasa dan spot foto lainnya.

6. Goa Puteri Pukes

Bila ingin berwisata sejarah maka Goa Puteri Pukes lah tempatnya. Tempat ini memiliki kisah yang legendaris antara puteri raja yang menikah dengan seorang pemuda. Wisata ini terletak di Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah.

7. Galeri Kopi

Pengunjung tak boleh kelewatan, untuk berwisata sembari menikmati kopi di Galeri Kopi yang terletak di kawasan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati kopi dengan aroma berbagai varian.

8. Bur Gayo Highland

Bur Gayo merupakan spot tertinggi di Takengon. Bila berkunjung ke Gayo Highland wisatawan akan merasakan seperti sedang berada di atas awan yang dikelilingi pohon pinus.

9. Lancuk Leweng

Tempat wisata yang satu ini, ternyata dibuat oleh anak muda kreatif di wilayah Kampung Asir-asir, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah. Wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan sunrise dan sunset dapat mengunjungi tempat ini.

10. Bintang

Lokasi Desa Bintang dekat dengan Danau sehingga menjadikan kawasan ini sangat indah. Terdapat pula tempat makan di tepi danau yang bisa anda kunjungi sambil menikmati panorama danau.

Dengan keindahan tempat-tempat wisata tersebut maka tak heran bila Aceh Tengah semakin ramai dikunjungi. Tidak hanya wisatawan lokal namun banyak wisatawan luar yang mengincar dan menjadikan Aceh Tengah sebagai kota tujuan untuk berlibur.

Tetap Prioritaskan Wisata 

Melihat potensi wisata di Aceh Tengah sangat menjanjikan, Pj Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan kepada Waspadaaceh.com, Minggu (20/3/2023) mengatakan tetap memprioritaskan pengembangan wisata di Aceh Tengah.

Pj Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT. (Foto/Cut Nauval Dafistri).

Saat ini, lanjut T. Mirzuan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah sedang gencar-gencarnya melakukan promosi terkait wisata di Takengon.

“Yang kita jual keindahan, namun kami lagi mempersiapkan promosinya,” sebutnya.

Usulkan Kapal Wisata 

Baru-baru ini, Pj Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pengadaan dua kapal wisata dan lima dermaga untuk Danau Laut Tawar di Kabupaten Aceh Tengah.

Menurutnya, pengajuan proposal kepada pusat, mengingat Aceh Tengah punya keunggulan Danau Laut Tawar yang luas. Karena itu, menurut Mirzuan, perlu penyediaan kapal wisata dan dermaga untuk membawa wisatawan menyusuri keindahan Danau Laut Tawar.

“Aceh Tengah ini punya potensi yang sangat menjanjikan dengan udara yang dingin didukung Danau Laut Tawar, desa wisata seperti Bur Telege, Pantan Terong, Bintang, arung jeram di Lukup Badak serta ada beberapa spot lainnya,” ucap T. Mirzuan.

Karena memiliki wisata yang luar biasa, tidak jarang Aceh Tengah dijadikan tujuan wisata bagi wisatawan dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara dan juga wisatawan nasional bahkan mancanegara. Wisatawan yang datang ke Dataran Tinggi Gayo selalu dimanjakan dengan keunikan dan keindahan alamnya.

Selian itu, tambah T. Mirzuan, wisatawan tidak hanya bisa menikmati bentang alamnya, namun juga bisa memanjakan lidah dengan menyeruput kopi arabika Gayo yang sudah mendunia. Karen itu, lengkap rasanya jika didukung dengan fasilitas yang memadai seperti kapal wisata yang digunakan untuk menjelajahi setiap sudut keindahan Danau Laut Tawar.

“Syukur alhamdulillah, saat kunjungan Menteri Perhubungan beberapa waktu lalu, responnya menteri terkait pengadaan kapal wisata luar biasa,” jelasnya.

Dia atas nama Pemkab Aceh Tengah berharap pemerintah pusat dapat memenuhi keinginan masyarakat untuk pengadaan kapal wisata dan dermaga.

Dia yakin, dengan adanya kapal wisata itu dapat menarik antusias wisatawan untuk hadir ke Takengon menikmati suasana alam. Nantinya, para wisatawan bisa mengelilingi danau dengan kapal, sambil minum kopi arabika Gayo, kata Mirzuan.

“Untuk itu, kami memohon ada pengadaan perahu wisata dengan lima dermaga. Sehingga dengan adanya dua unit kapal wisata itu wisatawan dapat menikmati lebih kurang perjalanan satu jam keliling Danau Laut Tawar sambil menyeruput kopi arabika Gayo di atas danau dengan udara sejuk,” harapnya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments