Beranda Aceh KPI Pascasarjana Latih Operator Gampong di Aceh Timur

KPI Pascasarjana Latih Operator Gampong di Aceh Timur

BERBAGI
Foto bersama usai acara penutupan Pelatihan Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Pembangunan Gampong di Madat, Aceh Timur, yang juga dihadiri Rektor UIN Arraniry Banda Aceh, Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, M.A. (Foto/cut nauval dafistri)

Aceh Timur (Waspada Aceh) – Untuk meningkatkan soft skills masyarakat, KPI (Komuniksi dan Penyiaran Islam) Pascasarjana UIN Arraniry dalam pengabdian masyarakat di Kecamatan Madat, Aceh Timur, mengadakan pelatihan bertema “Pelatihan Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Pembangunan Gampong,” Senin – Selasa (15-16/3/2021).

Sekretaris Program Studi Pascasarjana UIN Arraniry, Azman, mengatakan, pengabdian ini berlandaskan pentingnya setiap operator atau perangkat gampong dapat bersinergi dalam memberikan informasi yang dibutuhkan publik.

Bersamaan dengan acara pengabdian tersebut, Dinas Kominfo Aceh Timur juga menyerahkan akun website gampong bagi operator. Sekaligus berkolaborasi dengan pascasarjana dalam melatih mengisi konten dalam website tersebut.

“Dengan hadirnya akun website gampong ini, perlu pelatihan untuk operator agar bisa mengolah segala data yang ada di gampong menjadi sebuah berita yang layak dikonsumsi masyarakat. Sehingga masyarakat bisa tau perkembangan dan permasalahan gampong yang harus diselesaikan. Serta dengan adanya akun tersebut juga bisa menjadi promosi gampong itu sendiri,” tutu Sekretaris Pascasarjana KPI.

Azman melanjutkan bahwa pelatihan tersebut melibatkan dosen dan mahasiswa KPI Pascasarjana, yakni terkait informasi dan komunikasi pembangunan gampong dan manajemen komunikasi publik.

Kemudian kegiatan tersebut juga diisi dengan teknik penulisan berita dan pers rilis, teknik pembuatan video dokumentasi untuk publikasi pada media sosial dan media massa dengan perangkat HP serta teknik menghadang berita hoax dalam pembangunan gampong.

Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat, Teuku Zulyadi, mengatakan acara pengabdian tersebut dilaksanakan dalam menumbuhkan standar sembilan dalam akreditasi kampus, salah satunya pengabdian masyarakat. (cut nauval dafistri)

BERBAGI