Beranda Aceh Jelang Panen Raya Cabai, Kadistanbun Aceh Kunjungi Kebun Petani di Gayo Lues

Jelang Panen Raya Cabai, Kadistanbun Aceh Kunjungi Kebun Petani di Gayo Lues

BERBAGI
Kadistanbun Aceh, Cut Huzaimah, saat mengunjungi kebun petani di Desa Bengkik, Kecamatan Blang Peugayon, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, Kamis (28/9/2022). (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Memasuki panen raya cabai merah, Kadis Pertanian dan Perkebunan (Kadistanbun) Aceh, Cut Huzaimah, mengunjungi kebun petani di Desa Bengkik, Kecamatan Blang Peugayon, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, Kamis (28/9/2022).

Dalam kunjungan itu, Kadistanbun Aceh Cut Huzaimah didampingi oleh Kadis Pangan Aceh, Cut Yusmiar, Kadis Pertanian Gayo Lues, Juanda Syahputra serta Bupati Gayo Lues, Muhammad Amru dan Wakil Bupati Said Sani serta unsur Forkopimda.

Pada kesempatan itu, Cut Huzaimah mengatakan, menjaga ketersediaan komoditi pertanian merupakan tanggung jawab bersama. Salah satu komoditi yang banyak dan sering digunakan adalah cabai merah, sehingga ketika stok cabai tidak tersedia maka akan berpengaruh terhadap kenaikan inflasi.

Selama dua atau tiga bulan terakhir, sambung Huzaimah, cabai merah menjadi penyumbang inflasi terbesar di jajaran harga bahan pokok. Oleh karena itu, Pemerintah Aceh akan terus berupaya mengenjot produksi cabai di Aceh.

“Sebagaimana dimaklumi, Aceh merupakan salah satu daerah penghasil cabai dengan kategori surplus. Agar ini dapat dipertahankan, dengan ini kami mengimbau kepada pemerintah daerah dan petani untuk bersama-sama melakukan segala upaya untuk mempertahankan produksi tanaman cabai,”sebutnya.

Walaupun selama ini, lanjut Huzaimah, sering menjadi kendala terjadinya oper produksi sehingga menyebabkan turunnya harga cabai. Untuk itu, dia mengimbau kepada petani supaya bisa mengatur pola bercocok tanam.

Meski demikian, Pemerintah Aceh melalui Distanbun Aceh akan terus mendukung pengembangan tanaman cabai di Gayo Lues. Dukungan itu juga akan diberikan dalam bentuk bantuan sarana. (*)