Sabtu, Juli 13, 2024
Google search engine
BerandaWisata & TravelJelang Idul Adha, Kunjungan Wisatawan ke Masjid Raya Baiturrahman Terpantau Meningkat

Jelang Idul Adha, Kunjungan Wisatawan ke Masjid Raya Baiturrahman Terpantau Meningkat

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Menjelang Idul Adha 1445 Hijriah/2024, kunjungan wisatawan ke Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, terpantau meningkat.

Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, menjelaskan H-5 Idul Adha jumlah kunjungan wisatawan mulai meningkat sebanyak lima persen.

“Saya beserta tim melihat kondisi tamu dari luar Banda Aceh sedikit meningkat menjelang Idul Adha,” kata Saifan Nur, kepada Waspadaaceh.com, Kamis (13/6/2024).

Hal ini kata Saifan dikarenakan banyak anak-anak sekolah libur saat Idul Adha dan tertarik mengunjungi Banda Aceh, terutama Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Biasanya yang akan mendominasi mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman adalah warga Aceh Besar dan Pidie. Sementara yang dari luar provinsi adalah Sumatera Barat.

Sedangkan pengunjung mancanegara, leb8h banyak dari negara Malaysia.

Berhubung banyak wisatawan yang dari luar Aceh berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, pengurus Masjid Raya Baiturrahman mengimbau kepada pihak travel untuk mempromosikan ikon Masjid Raya dan tata laksana terkait SOP masuk ke Masjid Raya.

Dia berharap pihak travel lebih awal menyampaikan informasi seputar Masjid Raya Baiturrahman kepada wisatawan yang akan di bawa nantinya ke sana. Dengan begitu, wisatawan akan tau apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat ke Masjid Raya Baiturrahman.

“Semua harus dibenahi, terutama mengenai pakaiannya. Bagi yang tidak pakai jilbab, mohon dibelikan jilbab terlebih dahulu, yang pakai celana ketat mohon dipakaikan rok dulu,” tuturnya.

Bagi wisatawan yang tidak sesuai dengan SOP, terutama belum memakai pakaian muslim atau muslimah, pihak Masjid Raya akan memakaikan jubah untuk laki-laki dan mukena kepada wanita.

Bagi umat muslim diperbolehkan masuk dan melaksanakan ibadah di dalam masjid. Sementara bagi non muslim cukup sampai di pelataran masjid atau di sekeliling masjid dan melihat situs-situs yang ada di Masjid Raya.

Selain Masjid Raya Baiturrahman Banda, berdasarkan pantauan kunjungan wisatawan ke Banda Aceh diperkirakan juga akan meningkat menjelang Idul Adha. Berdasarkan pantauan, bus pariwisata mulai memenuhi pusat souvenir di Banda Aceh.

Sementara itu, beberapa pihak hotel juga mengklaim kamar-kamar sudah dibooking penuh menjelang Idul Adha tahun 2024. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER