Jelang Idul Adha, Harga Sawit Kembali Anjlok di Nagan Raya

    BERBAGI

    Suka Makmue (Waspada Aceh) – Petani sawit di Kabupaten Nagan Raya mengeluh, pasalnya harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit kembali anjlok bahkan cukup rendah.

    Arifin, petani sawit di Darul Makmur, Minggu (26/6/2022) menyebutkan di tengah meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk membiayai sekolah anak-anaknya dan menghadapi lebaran Idul Adha, harga TBS pun turun drastis.

    Kata dia, di Nagan Raya sawit (TBS) hanya dibeli dengan harga Rp800 hingga Rp900 per kilogram. Sedangkan harga di tingkat penampungan PMKS lebih murah lagi. Jika dijual kepada agen keliling hanya Rp600 rupiah per kilogram, ujarnya.

    Merosotnya harga TBS di wilayah itu, kata Arifin, tidak diketahui persis apa penyebabnya. Namun katanya, ketika masyarakat sedang membutuhkan uang harga sawit malah merosot tajam.

    Sementara itu Ketua Apkasindo Kabupaten Nagan Raya, Yuslan Thamrin mengatakan, terkait merosotnya harga TBS di daerah itu, pihaknya telah mengirimkan surat resmi kepada menteri terkait di Jakarta untuk mencari solusi terhadap anjloknya harga TBS tersebut

    Selaku Ketua Apkasindo,Yuslan Thamrin terus memantau PMKS dalam proses pembelian TBS petani. Jika ditemukan ada permainan, Apkasindo akan melaporkan pengusahanya kepada pihak berwajib untuk diproses secara hukum. (zul nagan)