Minggu, Juli 21, 2024
Google search engine
BerandaHati-hati, Gelombang Laut Aceh Cukup Ekstrim

Hati-hati, Gelombang Laut Aceh Cukup Ekstrim

Lhokseumawe (Waspada Aceh) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, merilis laporan, gelombang laut di Provinsi Aceh tergolong sangat ekstrim dan cuaca buruk itu diprediksi bertahan sampai satu minggu kedepan.

Prakirawan BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Rahmat Taudalani, Rabu (25/7/2018) mengatakan, secara umum tinggi gelombang laut di perairan Aceh telah mencapai 6 meter. Menurut perkiraan gelombang tersebut mulai normal kembali pada bulan Agustus mendatang.

“Kalau kita melihat ketinggian gelombang yang telah mencapai 6 meter, maka ini sudah termasuk sangat ekstrim. Kapal-kapal kecil dan penyebrangan agar bisa lebih waspada terhadap gejala cuaca seperti ini,” ujar Rahmat.

Rahmat menambahkan, penyebab tingginya gelombang tersebut, karena kecepatan angin yang berada di Aceh mencapai 50 kilometer per jam. Angin yang bertiup dari arah barat menuju ke Aceh, serta adanya pengaruh tarikan angin di Laut Cina Selatan, sehingga membuat kecepatan angin sangat tinggi.

“Alangkah baiknya bagi kapal-kapal kecil agar tidak melaut untuk sementara waktu dan begitu juga untuk kapal penyebrangan, agar bisa lebih mewaspadai cuaca buruk tersebut,” tutur Rahmat. (M.Agam Khalilullah)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER