Jumat, Juni 14, 2024
Google search engine
BerandaHari ini, Fenomena Tanpa Bayangan Terjadi di Banda Aceh

Hari ini, Fenomena Tanpa Bayangan Terjadi di Banda Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Hari ini Kota Banda Aceh mengalami fenomena langka yaitu hari tanpa bayangan pada Rabu (8/9/2021), tepatnya pada pukul 12.36 WIB.

Wilayah Kota Banda Aceh mengalami fenomena langka berupa hilangnya bayangan benda pada siang hari.

Menurut pantauan Waspadaaceh.com, tepat Pukul 12.36 WIB cuaca di Banda Aceh sedikit berawan namun masih terpancar sinar matahari.

Jurnalis Waspadaaceh.com mempraktikkan dengan meletakkan sebuah benda dan benda tersebut tetap terpapar sinar matahari saat memasuki waktu Zuhur. Alhasil benda tersebut tidak memiliki bayangan.

Sebuah benda tidak memiliki bayangan, yang difoto saat memasuki waktu shalat Zuhur, di Banda Aceh, Rabu (8/9/2021), tepatnya pada pukul 12.36 WIB. (Foto/Cut Nauval Dafistri)

Pakar Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh Alfirdaus Putra mengatakan, fenomena yang berlangsung setahun dua kali itu terjadi saat deklinasi matahari sama dengan lintang seseorang yang mengamatinya.

“Peristiwa itu terjadi saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat. Peristiwa ini disebut juga sebagai kulminasi utama,” tuturnya.

Sementara itu berdasarkan informasi dari Saifullah, staf Subbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Aceh, pihak Kemenag sudah melakukan praktik tepat pada waktu tersebut bahwa sebuah benda tersebut tidak memiliki bayangan.

“Kita melakukan praktikum di kantai 3, tak ada bayangan sesuai waktu,” tuturnya kepada Waspadaaceh.com. (Cut Nauval Dafistri)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER