Jumat, Juni 14, 2024
Google search engine
BerandaHarga Cabai di Banda Aceh Makin "Pedas" Capai Rp45 Ribu/Kg

Harga Cabai di Banda Aceh Makin “Pedas” Capai Rp45 Ribu/Kg

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Harga cabai merah di Kota Banda Aceh saat ini mengalami kenaikan dari harga normal yang biasanya Rp35 ribu, kini mencapai Rp45 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Peunayong, Banda Aceh, Dedi Syahputra, 36, kepada Waspadaaceh.com, Sabtu (13/3/2021), mengatakan, dalam beberapa hari terakhir ini harga cabai memang terus bergerak naik.

“Untuk saat ini harga cabai mengalami kenaikan, dari 35 ribu menjadi 45 ribu per kilo. Kenaikan ini cukup berdampak terhadap permintaan konsumen,” ucapnya.

Dia mengatakan kenaikan harga sering terjadi, tetapi tidak pernah setinggi sekarang.

Berdasarkan pantauan Waspadaaceh.com di Pasar Peunayong, tingginya harga cabai membuat ketersediaan cabai berkurang. Bahkan ada beberapa pedagang sayur tidak menyediakan cabai lagi akibat harga yang tidak normal.

“Tingginya harga cabai, banyak konsumen yang mengeluh saat mengetahui harga cabai semakin tinggi. Karena jika dirincikan, harga cabai rawit juga mengalami kenaikan dari Rp25 ribu per kilogram, kini dijual Rp35 ribu per kilogram. Sedangkan cabai hijau biasanya dijual Rp30 ribu per kilogram, kini naik Rp40 ribu per kilogram,” ucap Dedi Syahputra.

Mahalnya harga cabai tersebut, kata Dedi, karena cuaca yang tidak stabil dan banyaknya hama. Akibatnya banyak petani yang gagal panen, atau panennya tidak seperti yang diharapkan.

“Harga cabai mengalami kenaikan, karena kondisi cuaca yang sering hujan. Jadi otomatis cabainya tidak bisa tahan lama, banyak hama juga menjadi penyebabnya,” lanjut Dedi.

“Cabai merah, cabai rawit dan cabai merah kecil, semua harus didatangkan dari Gayo Lues. Biasanya dari Pidie juga banyak jika tidak gagal panen,” ujarnya.

“Harga tinggi, pembeli sedikit. Biasanya dalam sehari cabai bisa terjual 50 kilo. Akibat mahal ini terjual hanya 35 kilogram, untungnya juga tipis. Karena dalam satu kilogram untungnya cuma dapat 2 ribu,” terang Dedi.

Menjelang Meugang Harga Tinggi

Di samping itu, Dedi juga memperkirakan, harga cabai akan terus meningkat hingga mencapai Rp60 ribu per kilogram.

“Kami memastikan harga cabai akan terus meningkat, apalagi menjelang meugang. Cabai merah yang biasanya dijual 40 ribu rupiah per kilogram, diperkirakan akan meningkat mencapai 60 ribu rupiah per kilogram, saat menjelang meugang nanti,” tuturnya

Begitu pun dia berharap harga cabai tetap normal, petani tidak gagal panen supaya ketersediaan cabai banyak dan pembeli tetap ramai. (Kia Rukiah)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER