Beranda Editorial Hardikda, Momentum Prestasi Pendidikan di Aceh

Hardikda, Momentum Prestasi Pendidikan di Aceh

BERBAGI

“Hardikda yang jatuh pada Kamis hari ini, 2 September 2021, tentunya akan menjadi momentum bagi Dinas Pendidikan Aceh untuk memacu semangat, kreativitas, inovasi dan strateginya, agar di tahun 2022, prestasi dunia pendidikan di Aceh semakin membanggakan”

——————

Tahun 2021 ini menjadi kebanggaan dunia pendidikan di Provinsi Aceh. Meski di masa pandemi COVID-19, nyatanya Aceh mampu meraih prestasi yang membanggakan.

Padahal masyarakat tahu, bahwa selama pandemi COVID-19, di semua daerah di Indonesia, bahkan dunia internasional, terjadi begitu banyak keterbatasan, termasuk di bidang pendidikan. Selama pandemi ini, aktivitas pendidikan lebih banyak dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan), sehingga pencapaian mutu pendidikan menjadi terhambat. Tapi untuk Aceh, walau serba keterbatasan, Aceh masih tetap mampu meraih prestasinya di bidang pendidikan.

Berdasarkan pengumuman dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Provinsi Aceh berada pada posisi delapan terbanyak nasional dalam meloloskan siswa-siswinya pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021.

Data itu menyebutkan, jumlah siswa-siswi Aceh yang mendaftar pada SBMPTN tahun ini mencapai 16.767 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.888 peserta atau 41 persennya dinyatakan lulus.

“Anak-anak Aceh ibarat berlian yang perlu mendapat penanganan yang tepat, sehingga dapat memiliki nilai jual yang tinggi,” kata Kepala Dinas (Kadisdik) Aceh, Alhudri, dalam suatu kesempatan.

Alhudri menyampaikan hal itu setelah menyaksikan secara langsung keahlian para siswa pada kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK se-Aceh untuk berbagai jurusan vokasi beberapa waktu lalu.

Memang siswa/siswi lulusan SMA dan SMK di Aceh dilaporkan berhasil meraih posisi kelima secara nasional sebagai pendaftar yang lolos dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021. Sedikitnya 5.626 orang lulus masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN.

Atas pencapaian itu semua, apalagi di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, tentunya telah memberi motivasi yang sangat penting, baik bagi kalangan praktisi pendidikan (sekolah dan para guru) serta jajaran Dinas Pendidikan, mau pun para siswa dan masyarakat di Provinsi Aceh.

Peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) yang jatuh pada Kamis hari ini, 2 September 2021, tentunya akan menjadi momentum bagi Dinas Pendidikan Aceh untuk memacu semangat, kreativitas, inovasi dan strateginya, agar di tahun 2022, prestasi dunia pendidikan di Aceh semakin membanggakan lagi. Semoga. (**)