Beranda Inforial Pemerintah Aceh Gubernur Nova: Rakyat Aceh Belasungkawa atas Gugurnya Awak KRI Nanggala-402

Gubernur Nova: Rakyat Aceh Belasungkawa atas Gugurnya Awak KRI Nanggala-402

BERBAGI
Gubernur Aceh, Ir.H.Nova Iriansyah, MT. (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menyampaikan duka cita mendalam atas gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan laut Bali.

“Atas nama pribadi, keluarga dan seluruh rakyat Aceh, menyampaikan doa terbaik untuk seluruh kru kapal. Seluruh kru Nanggala-402 adalah putra-putra terbaik bangsa,” kata Gubernur Nova, setelah mendengar pernyataan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Minggu (25/4/2021).

Penglima TNI mengatakan, seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang berjumlah 53 orang, dipastikan meninggal dunia. Informasi itu diketahui berdasarkan hasil citra bawah air secara visual menggunakan kamera.

Gubernur Aceh tak lupa mengucapkan: “Inna lillahi wa inna ilaihi raaji’un. Atas nama pribadi, keluarga dan seluruh rakyat Aceh, saya sampaikan duka yang mendalam. Doa terbaik bagi seluruh kru KRI Nanggala-402, semoga masih ada harapan mereka selamat. Jika pun gugur dalam tugas mereka, insya Allah meninggal dalam kondisi syahid,” kata Nova dalam keterangan yang disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, Minggu (25/04/2021).

Para awak kapal selam itu, kata Nova, menjalankan tugas di bulan puasa. Karena itu, berbagai harapan kebaikan dan doa tentunya dipanjatkan oleh seluruh umat Muslim di Indonesia, khususnya Aceh. Salah seorang putra terbaik Aceh juga dilaporkan berada dalam manifest kapal selam itu, yakni Letkol Laut (E) Irfan Suri.

Nama Letkol Laut Irfan Suri masuk dalam daftar manifest penumpang yang beredar dan berada di nomor urut ke-51 dengan status Non ABK.

Irfan Suri merupakan alumni SMA Negeri Modal Bangsa Aceh dan juga adik dari Kasrem 011/LW Letkol M Ridha. Mereka berdua adalah putra dari M Hasan Yakob, mantan guru Bahasa Inggris SMA Blangpidie, mantan Kepala SMAN 1 dan SMAN 3 Banda Aceh di era 80-an serta terakhir menjadi Kepala SMAN Modal Bangsa, Aceh Besar.

Kapal selam KRI Nanggala dengan nomor lambung 402 itu dilaporkan hilang kontak di perairan utara Bali, saat akan melakukan latihan, pada Rabu (21/04/2021).

Saat ini TNI masih memastikan lokasi pasti dari kapal nahas ini. Namun, lokasinya menguat di titik adanya kemagnetan yang kuat dengan kedalaman 850 meter di bawah laut. (B01)