Gubernur Aceh Pimpin Upacara Peringatan Kemerdekaan RI

    BERBAGI
    Gubernur Aceh Nova Iriansyah hormat bendera saat pimpin perayaan HUT RI di Banda Aceh, Selasa (17/08/2021). Foto/Ist

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Gubernur Aceh Nova Iriansyah memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke- 76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

    Upacara berlangsung di halaman Kantor Gubernur Aceh di Banda Aceh, Selasa, (17/8/2021). Meskipun diguyur gerimis, upacara tetap berlangsung khidmat dan sederhana

    Gubernur Nova hadir bersama istri Dyah Erti Idawati. Hadir juga Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al Haytar, Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin.

    Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad Marzuki, Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh Muhammad Yusuf, Sekretaris Daerah Aceh dan sejumlah unsur Forkopimda Aceh dan Kota Banda Aceh lainnya. Beberapa Kepala SKPA juga berhadir.

    Sekitar pukul 07.50 WIB, sirine dibunyikan sebagai tanda akan dikibarkan bendera Merah Putih dalam rangkaian upacara peringatan tersebut. Pasukan pengibar bendera tampak tertib dan rapi dalam menjalankan tugasnya.

    Upacara peringatan HUT RI yang berlangsung khidmat itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus korona (Covid-19). Seluruh peserta upacara terlihat menggunakan masker pelindung wajah dan jumlah peserta upacara juga terbatas.

    Adapun pasukan pelaksanaan Upacara HUT RI ke-76 di Aceh kali ini hanya diikuti secara terbatas yang terdiri dari; kesatuan Raider TNI Angkatan Darat, kesatuan Paskhas Angkatan Udara, kesatuan Brimob Polda Aceh, serta Anggota Satpol PP, juga satu tim dari Korps Musik Kodam Iskandar Muda.

    Sementara itu, upacara tersebut juga diikuti secara virtual oleh Para Kepala SKPA dan instansi vertikal beserta ASN Pemerintah Aceh lainnya melalui saluran youtube dan aplikasi lainnya yang telah disediakan panitia pelaksana.

    Usai pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan, Gubernur bersama Forkopimda menyerahkan secara simbolis cenderamata untuk keluarga pahlawan dan perintis kemerdekaan dan pembangunan Indonesia.

    Mereka yang menerima penghargaan tersebut merupakan keluarga dari para tokoh pahlawan Aceh yang memiliki peran penting dalam membela dan memerdekakan tanah air.

    Selanjutnya, pada pukul 09.30 WIB gubernur bersama Forkopimda Aceh mengikuti secara virtual Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 yang digelar di Istana Kepresidenan Jakarta, dari Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh. (Ria)

    BERBAGI