Beranda Profil George Herisusanto, Guru Terbaik Tingkat SMA di Nagan Raya

George Herisusanto, Guru Terbaik Tingkat SMA di Nagan Raya

BERBAGI
George Herisusanto,S.Pd, M.Pd, guru kimia SMA Negeri Bunga Bangsa Darul Makmur, terpilih sebagai guru terbaik di Kabupaten Nagan Raya. (Foto/Ist)

Suka Makmue (Waspada Aceh) – George Herisusanto, putra kelahiran Suka Ramai Darul Makmur, Nagan Raya, 12 September 1982, meraih prestasi sebagai guru terbaik tingkat SMA sederajat di Kabupaten Nagan Raya.

George merupakan guru pendidikan kimia di SMA Negeri Bunga Bangsa Darul Makmur. Dengan berbagai prestasi yang diraih di sekolah tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh melalui Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Nagan Raya, menobatkan George sebagai guru terbaik, bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke 62 tahun 2021.

Kepada Waspadaaceh.com, Kamis (2/9/2021), Herisusanto mengatakan, sejak lulus Pegawai Negeri Sipil (PNS) formasi guru pendidikan 2009 yang lalu, dia telah melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas di dunia pendidikan.

Menurutnya, sebagai salah satu dewan guru di SMAN Bunga Bangsa, dia pernah menjadi salah satu peserta mewakili Kabupaten Nagan Raya pada program magang kerjasama Pemerintah Aceh dengan ITB Bandung tahun 2014. Kemudian pada tahun 2019, dia menjadi peserta seleksi duta rumah belajar Pusdatin Kemdikbud.

Selain itu, George juga pernah menjadi Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) selama dua periode, yaitu 2015-2017 serta 2017-2020.

Suami dari Radhiah tersebut menyebutkan, ketika jurnalis Waspadaaceh.com menghubunginya, antara percaya dan tidak percaya, kalau dia dinobatkan sebagai guru terbaik oleh Cabdin Pendidikan Nagan Raya. Namun setelah kepala sekolahnya mengatakan hal tersebut, dia langsung melakukan sujud syukur atas prestasi yang disandangnya sebagai guru terbaik bertepatan dengan peringatan Hardikda ke-62.

Dengan raihan sebagai guru terbaik, merupakan salah satu tantangan baginya, dalam mencerdaskan anak bangsa di wilayah Kabupaten Nagan Raya. Untuk itu dia mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh dewan guru di SMAN Bunga Bangsa, serta Cabdin Pendidikan Nagan Raya yang telah memberikan kepercayaan kepadanya sebagai guru terbaik pada tahun 2021.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Nagan Raya, H.Hajidam, mengatakan, penetapan George Herisusanto sebagai guru terbaik tingkat SMA di daerah tersebut, setelah dilakukan peniliaian secara transparan.

Dengan hasil penilaian tersebut, akhrinya Cabdin Pendidikan Aceh Wilayah Nagan Raya, memutuskan guru kimia SMA Negeri Bunga Bangsa menjadi tenaga pengajar terbaik tahun ini.

Untuk itu sudah sepantasnya Cabdin Pendidikan Nagan Raya menobatkan sebagai guru terbaik untuk George Herisusanto, guna menghargai capaian yang telah diraih selama ini, kata Hajidam.

Pasangan George Herisusanto, S.Pd, M.Pd dengan Rhadiah, S.Pd, Gr, telah memiliki empat orang anak, masing-masing; Ghina Luthfita, kini sedang menempuh pendidikan di Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar, Emira Afifah di MIN 5 Nagan Raya, Muhammad Hasan Shiddiq di SDN Alue Bilie dan Muhammad Khalid Fawwaz, belum sekolah.

Riwayat pendidikan George Herisusanto:

– SDN Simpang Deli tahun tamat 1994

– SMPN 2 Darul Makmur tahun tamat 1997

– SMAN 1 Darul Makmur tahun tamat 2000

– Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala tahun tamat 2006

– Program Pascasarjana Prodi Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala tahun 2011.

(**)