Beranda Aceh Gairahkan UMKM/IKM, Aceh Gelar Lomba Blog Bertema “Eksotisme Desamu”

Gairahkan UMKM/IKM, Aceh Gelar Lomba Blog Bertema “Eksotisme Desamu”

BERBAGI

Banda Aceh (Waspada Aceh) – ExoVillage bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh menggelar Lomba Blog Wisata (Travel Blogging) bertema “Eksotisme Desamu,” bertujuan untuk mengairahkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM).

Lomba yang akan digelar selama 45 hari mulai tanggal 16 September 2021 ini juga diselenggarakan bersama OkOce Andalan Aceh.

Koordinator OkOce Andalan Aceh, Bethseba, kepada Waspadaaceh.com, Rabu (15/9/2021) di Banda Aceh mengatakan, lomba blog ini terbuka untuk peserta dari seluruh Indonesia, meskipun digelar bersama mitra dari Aceh.

“Tujuan dilakukanya lomba yang bertema eksotisme desamu, ingin mengajak melihat pariwisata desa secara lebih luas, bukan semata mengunjungi obyek wisata artifisial,” ucap wanita yang akrab disapa Bet itu.

Selain memotret wisata desa secara berbeda, ucap Bet, lomba blog wisata ini juga ingin mengekspose produk UMKM/IKM perdesaan. Karena, banyak pelaku usaha sebenarnya berada di desa-desa.

Kata Bet, niatan soal UMKM/IKM ini rupanya disambut baik oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh. Logo Disperindag Aceh tampak ikut tampil dalam flyer yang sudah mulai beredar di media sosial.

Dia juga menyebutkan, lomba blog wisata ini merupakan yang pertama mengangkat isu desa bersamaan dengan dua isu yang sedang naik daun, Desa Wisata dan UMKM/IKM.

Hadiah yang ditawarkan juga cukup menggiurkan, total 4,5 juta rupiah untuk 10 pemenang yang akan dibagi dalam 2 kategori, yaitu kategori spesifik Aceh dan umum (mengulas desa di luar wilayah Aceh).

Bet juga mengatakan, bagi yang tertarik mengikuti lomba, dapat melihat kriteria dan info lomba lainya pada link https://bit.ly/lombablogwisata, dan link pendaftaran bisa diakses yang telah disediakan oleh panitia pada link https://bit.ly/exovillagelombablog.

Selain itu dia juga menuturkan, tema “Eksotisme Desamu” memberi ruang yang luas untuk peserta lomba dalam melakukan eksplorasi hal-hal menarik dan layak dipromosikan dari setiap desa di Indonesia.

“Para peserta dipersilakan menulis soal apa saja yang menurut mereka menarik dari desa mereka atau desa-desa di sekitar mereka, seperti budaya, kuliner, keseharian masyarakat, masakan tradisional atau obyek wisata,” tutup Bet.

Disperindag Aceh Dukung Lomba Exovillage

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh Mohd Tanwier mengatakan mendukung lomba Exovillage yang bertema ‘Eksotisme Desamu’ dalam mempromosikan UMKM/IKM di Aceh.

“Intinya Disperindag mendukung setiap kegiatan yang bermanfaat untuk kemajuan UMKM/IKM di Aceh,” tegasnya.

Dia menyebutkan, dukungan yang diberikan salah satunya berupa promosi dengan pemasangan spanduk, bilboard atau iklan banner di website Disprindag Aceh.

“Setiap UMKM harus punya kreator yang kreatif, kalau tidak kreatif UMKM tersebut tidak akan berkembang,” tutupnya. (Kia Rukiah)

BERBAGI