Rabu, Februari 28, 2024
Google search engine
BerandaWisata & TravelEntopia, Taman Kupu-kupu Terbesar di Malaysia Capai Ribuan Pengunjung Perhari

Entopia, Taman Kupu-kupu Terbesar di Malaysia Capai Ribuan Pengunjung Perhari

“Memasuki pintu pertama, pengunjung langsung disambut oleh ribuan kupu-kupu yang terbang dan hinggap di pohon dengan beragam jenis”

Entopia, adalah peternakan kupu-kupu terbesar di Malaysia yang telah dibuka sejak Maret tahun 1986. Entopia ini berdiri di atas lahan seluas 0,8 hektar. Dengan fasilitas breeding centre, perkebunan, laboratorium, dan area pameran.

Lebih dari sekedar penangkaran kupu-kupu, Entopia adalah surga dan dunia penuh keajaiban, tempat kupu-kupu dan serangga bebas berkeliaran di taman indoor. Kurang lebih ada 15.000 kupu-kupu dan 200 spesies tanaman. Dalam bangunan Entopia, juga menghadirkan taman, hutan, air terjun, dan sungai buatan yang mirip dengan aslinya.

Di luar kandang penangkaran tertutup didesain hamparan kebun, tanaman, pakan kupu-kupu dan ulat untuk difungsikan sebagai tempat penangkaran terbuka. Secara kasat mata pengunjung tidak akan tau sedang berada dalam sebuah bangunan karena didesain seolah-olah sedang berada dalam alam terbuka atau alam lepas.

Entopia dapat memanjakan mata tanpa harus bersusah payah ke hutan untuk melihat kupu-kupu serta serangga lainnya secara alami.

Karena tempatnya yang luas dan tidak membahayakan, tempat ini tak hanya dikunjungi orang dewasa, tapi juga sangat cocok bagi anak-anak untuk mengeksplorasi berbagai jenis hewan dan tanaman.

Meski memiliki lahan yang luas, di Entopia tidak ada guide (pemandu) jadi terserah kepada pengunjung mau berlama-lama di bagian area taman hidup terbuka yang merupakan tempat kupu-kupu terbang bebas atau juga pada ruangan pameran mengenai dunia serangga yang berupa lorong dan ruangan unik.

Pengunjung saat mengabadikan momen di taman kupu-kupu, Penang. (Foto/Kia)

Tempat ini benar-benar menarik untuk didatangi. Selain alamnya yang alami dan lepas, juga ada pameran edukatif dua lantai serta kegiatan indoor yang wajib banget pengunjung eksplor.

Selain itu, di museumnya pengunjung bisa menikmati kupu-kupu cantik berbagai warna yang sudah diawetkan dan dibingkai. Ada juga beberapa karya foto kupu-kupu di dalam museum.

Di akhir perjalanan, para pengunjung akan melihat sejarah Entopia. Sebagai pertanda pernah ke Entopia, pada pintu keluar pengunjung juga bisa membeli souvenir yang bergambar kupu-kupu yang telah disediakan oleh pengelola Entopia.

Karena memiliki berbagai keunikan, tak jarang selain tempat untuk berwisata Entopia juga sering dijadikan sebagai pusat penelitian bagi mahasiswa dari perguruan tinggi luar negeri.

Jika tertarik dan penasaran tentang dunia kupu-kupu dan berbagai jenis hewan langka lainnya, pengunjung bisa datang ke Jalan Teluk Bahang di Penang, dengan membayar tiket sekitar 59 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp218.000 untuk warga Malaysia dan 75 Ringgit Malaysia atau Rp277.000 untuk pelancong asing.

“Untuk kanak-kanak dan lansia kita bagi harga spesial yaitu 39 Ringgit. Sementara kanak-kanak maupun lansia di luar Malaysia kita bagi harga 55 Ringgit saja,” kata Visitor Relation Service Izan, saat dijumpai Waspadaaceh.com, di Penang, Kamis (19/1/2023).

Dia menambahkan, Entopia beroperasi setiap hari mulai dari pukul 09.00-18.00 waktu Malaysia.

“Cuman masa paling best antara pukul 9-11 petang, masa ini adalah untuk kupu-kupu mulai aktif,” sebutnya.

Setelah pulih dari COVID-19, lanjut Izan, pengunjung Entopia setiap harinya mencapai 1000-2000 pengunjung dari berbagai daerah. Lebih-lebih pada hari cuti, pengunjung akan lebih banyak lagi dari hari biasanya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments