Minggu, April 14, 2024
Google search engine
BerandaEks Pasar Peunayong Akan Dibangun Jadi Peunayong Skybridge

Eks Pasar Peunayong Akan Dibangun Jadi Peunayong Skybridge

Banda Aceh (Waspasa Aceh) – Setelah Pasar Kartini Peunayong Banda Aceh pindah atau direlokasi ke Pasar Al Mahirah, Lamdingin, kini Pasar Kartini kosong melompong dan tak berpenghuni.

Pantauan Waspadaaceh.com, Rabu (2/6/2021), di sekeliling pasar sudah dipasangi pagar seng, pasca sepekan terakhir para pedagang pindah ke Pasar Al Mahirah Lamdingin.

Tampak sebuah spanduk terpajang di pagar seng Pasar Kartini Peunayong, dengan bertuliskan; Lokasi ini akan dibangun Peunayong Skybridge. Jembatan penyeberangan, sculpture, jalur pendestrian, taman, air mancur, panggung terbuka, tribun, plaza, taman bermain, area olahraga terbuka dan fasilitas terlengkap lainnya, mohon doa restu.

Plt Asisten II Setdako Banda Aceh, T Samsuar mengatakan, kawasan tersebut direncanakan akan dibangun menjadi kawasan kuliner, taman, jalur pendestrian dll. Hal ini, katanya, merupakan program PUPR dan ia memohon doa agar program tersebut dapat terealisasi.

“Kita mohon doanya semoga rencana itu terealisasikan. Terutama bagi pertumbuhan ekonomi baru masyarakat,” ucap Samsuar kepada Waspadaaceh.com, Rabu (2/6/2021).

Tampak di luar pasar, sejumlah toko kelontong dan rempah-rempah masih berjualan. Akses Jalan Kartini mengarah ke Jalan Khairil Anwar sudah dibuka.

Sementara pantauan Waspadaaceh.com di Pasar Al Mahirah, tampak kondisi pasar tempat pedagang tertata dengan rapi, dan teratur. Tersedia wastafel untuk cuci tangan. Suasana pasar terpantau tidak terlalu ramai.

Zainal, pedagang sayur di pasar tersebut mengatakan, dia tidak keberatan atas pemindahan tersebut. Katanya, semoga pasar tetap terjaga kebersihannya dan pengunjung pun nyaman saat berbelanja di pasar tersebut.

Sementara itu Rani asal Aceh Besar, pembeli di Pasar Al Mahirah mengatakan, ia sangat mendukung dengan pindahnya pasar Peunayong tersebut ke pasar Al Mahirah Lamdingin. Pasar yang bersih, teratur, tidak kumuh dan sebaliknya nyaman.

“Menurut saya, saya mendukung jika pindah ke sini. Karena di Peunayong memang sudah padat, dan suasananya sudah kumuh sekali. Semoga pasar di Aceh semakin bersih, jadi saya merasa nyaman berbelanja di Pasar Al Mahirah ini,” ujarnya. (Cut Nauval Dafistri)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER