Jumat, Juni 21, 2024
Google search engine
BerandaDicari! Ratusan Warga Sumut yang Pulang Tablig Akbar di Malaysia, terkait Corona

Dicari! Ratusan Warga Sumut yang Pulang Tablig Akbar di Malaysia, terkait Corona

Medan–Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara mengatakan, hingga kini belum menemukan adanya kasus suspect atau pun positif virus Corona. Namun, sebagai langkah antisipasi, pihaknya mencari adanya ratusan warga Sumut yang kembali dari Malaysia, mengikuti kegiatan tabligh akbar yang terpapar virus Corona di negeri jiran itu.

“Dari informasi itu. Kita sedang menelusuri. Kita sedang mencari mereka. Tujuannya observasi dan isolasi karena baru pulang dari negara terjangkit,” kata Kadis Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan, Sabtu (14/3/2020) kepada waspadaaceh.com.

Alwi Mujahit meminta kepada peserta agar dapat melaporkannya ke rumah sakit terdekat, atau lebih baik lagi bilan langsung ke RSUP H Adam Malik Medan. Untuk masyarakat yang mengetahui juga dapat melaporkannya ke petugas terdekat.

“Atau hubungi call center 082164902482. Kita hanya ingin melakukan observasi dan isolasi sambil kita pantau. Biar terdeteksi. Kita hanya ingin memastikan agar masyarakat juga aman,” ujarnya.

Untuk asal usulnya, Mujahit mengaku bahwa sebagaian besar peserta tabligh akbar di Malaysia itu berasal dari Medan, Binjai, Langkat dan daerah lain. Jumlahnya diperkirakan mencapai 350 orang.

“Kita harapkan kesadaran masyarakat,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan meminta kepada 696 Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengikuti Tabligh Akbar di Masjid Sri Petaling, Malaysia, antara 28 Februari – 1 Maret 2020 untuk memeriksakan diri dan turut melakukan tes Corona.

“Dihimbau agar memeriksakan diri jika ada keluhan kesehatan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo, dalam keterangan resminya, Sabtu (14/3/2020).

Permintaan itu terkait dengan pernyataan Kementerian Kesehatan Malaysia, yang mengumumkan terdapat 12 kasus virus Corona baru pada Kamis (12/3/2020).

Belasan orang itu diketahui sempat menghadiri sebuah acara Tablig Akbar di Masjid Sri Petaling, di pinggiran kota Kuala Lumpur, yang diikuti oleh 10 ribu peserta dari berbagai negara, termasuk 696 orang warga negara Indonesia (WNI). (sulaiman achmad)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER