Beranda Sumut BPS Tambah 3 Kabupaten dalam Survei IHK di Sumut

BPS Tambah 3 Kabupaten dalam Survei IHK di Sumut

BERBAGI
Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi, ketika menyampaikan paparan dalam kegiatan Workshop Wartawan dalam rangka Pembinaan dan Ekspos Data Sosial Ekonomi Sumut Tahun 2021 di Thongsinn Hotel Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (28/9/2021). (Foto/sulaiman achmad)

Kualanamu (Waspada Aceh) – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut) akan menambah tiga kabupaten dalam pelaksanaan survei Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sumut.

“Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Karo. Ketiga daerah ini, akan ditambah menjadi daerah IHK di Sumut ini,” kata Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi, Selasa (28/9/2021). Kepala BPS menyampaikan hal itu dalam kegiatan Workshop Wartawan dalam rangka Pembinaan dan Ekspos Data Sosial Ekonomi Sumut Tahun 2021 di Thongsinn Hotel Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

Syech mengatakan, selama ini survei IHK dilakukan oleh BPS Sumut hanya di lima kota saja, yakni Kota Medan, Kota Pematang Siantar, Kota Sibolga, Kota Padang Sidempuan dan Kota Gunung Sitoli. “Untuk menghasilkan survei biaya hidup IHK di tiga kabupaten tersebut,” ujar Syech.

Syech menjelaskan kenapa BPS Sumut memilih Kabupaten Labuhanbatu menjadi survei IHK. Ia menilai Kabupaten Labuhanbatu itu mewakili daerah-daerah di Sumut di bagian pesisir timur.

“Karena di Kota Rantauprapat perekonomian cukup baik. Kemudian, putaran uang di sana cukup baik juga,” sebut Syech.

Syech juga mengungkapkan memilih Kabupaten Deli Serdang, dinilai juga transaksi ekonomi cukup besar, karena berdekatan atau perbatasan dengan Kota Medank.

“Sehingga dapat mewakili daerah-daerah lainnya. Orang-orang Serdang Begadai belanja ke Deli Serdang,” kata Syech.

Untuk Kabupaten Karo sebagai daerah survei IHK. Syech menganggap daerah tersebut, mewakili dari dataran tinggi, ada beberapa komoditas pangan dari Karo.”Kita mau lihat perkembangan harga di Karo juga,” jelas Syech.

Syech menambahkan untuk persiapan pelaksanaan IHK di tiga kabupaten di Sumut, sudah dilakukan oleh BPS Sumut. Namun, untuk data IHK akan disajikan kepada publik diperkirakan pada akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023.

“Untuk survei tahun depan. Kapan penyajian IHK?. Kita harapkan akhir 2022 atau Januari tahun 2023 sudah kita keluarkan IHK Kabupaten,” tegasnya. (sulaiman achmad)