Rabu, Mei 29, 2024
Google search engine
BerandaKabar TaniBenihnya Bantuan dari Distanbun Aceh, Kini Petani Aceh Besar Mulai Panen

Benihnya Bantuan dari Distanbun Aceh, Kini Petani Aceh Besar Mulai Panen

Jantho (Waspada Aceh) – Bantuan Benih Mandiri dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh beberapa waktu lalu diserahkan kepada para petani untuk ditanam. Kini secara bertahap, petani mulai memanen padinya.

Salah satu adalah para petani di Kabupaten Aceh Besar. Puluhan hektare lahan yang ditanami benih padi gratis dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh itu kini sudah menunjukan hasil yang memuaskan. Bahkan hasil panen meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Dulu ada dikasih benih dua karung, kurang lebih 10 kilo benih ini yang ditanam,” kata Arsyad Sulaiman, petani di Gampong Lam Apeng, Kemukiman Lamteuba, Kecamatan Seulimuem, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (30/10/2022).

Arsyad menjelaskan, dari penanaman benih padi tersebut pihaknya mampu menghasilkan padi dengan kualitas baik sebanyak 4 ton dalam sekali panen.

“Sementara untuk setahun kita bisa dua kali panen karena cocok tanam dilakukan juga dua kali,” katanya.

Oleh karena itu, dia berterima kasih kepada dinas terkait. Tapi, pihaknya berharap untuk pemberian benih padi tahap selanjutnya bisa ditingkatkan jumlahnya.

“Karena ini perlu untuk masyarakat, kadang kalau pun bagus hasil panennya hasil jualnya masih sama, ” katanya.

Oleh karena itu, dia juga meminta agar ada penambahan benin padi agar hasil panen bisa bertambah.

“Secara tidak langsung banyaknya hasil panen banyak pula uang yang bisa dibawa pulang,” katanya.

Selain itu, kata Arsyad, Distanbun Aceh juga memberikan obat semprot hama yang tujuannya agar hasil produksi para petani memuaskan karena terhindar dari serangan hama. (**)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER