Beranda Aceh Bakri Siddiq Sigap Banjir, Turun Langsung Tangani Genangan

Bakri Siddiq Sigap Banjir, Turun Langsung Tangani Genangan

BERBAGI
Penjabat Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, Senin (23/1/2023) selepas shalat Subuh berkeliling kota sendirian menggunakan mobil dinas Pajero Sport Dakkar BL 1 A. Tanpa ajudan dan sopir, dia meluncur ke seputaran kota mengecek langsung jalanan yang tergenang. (Foto/sulaiman achmad)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Penjabat Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, Senin (23/1/2023) selepas shalat Subuh berkeliling kota sendirian menggunakan mobil dinas Pajero Sport Dakkar BL 1 A. Tanpa ajudan dan sopir, dia meluncur ke seputaran kota mengecek langsung jalanan yang tergenang.

Aksinya itu sempat membuat protokoler dan pengawal kewalahan. Dia turun sendiri mengendarai mobil, setelah sampai di lapangan, Bakri langsung menelepon Kadis PUPR Banda Aceh M Yasir dan Kabag Prokopim Banda Aceh Aulia Putra.

Sampah dan pasir menutupi saluran pembuangan air di jalanan sehingga menyebabkan genangan dimana-dimana. Salah satunya di Jalan T M Daud Beureueh simpang Jalan T Hasan Dek. Genangan pun surut setelah saluran pembuangan ke parit lancar.

Bakri siaga banjir, mengingat beberapa hari terakhir hujan deras mengguyur Kota Banda Aceh termasuk beberapa wilayah Provinsi Aceh lain. Hal itu membuatnya antisipatif terjadinya banjir.

Kemudian, Bakri mengunjungi Rumah Pompa di Gampong Lampaseh Kota. Di sana, ia mengecek fungsi genset berikut keempat pompa air yang telah siap-siaga mengalirkan genangan dari pemukiman warga ke sungai terdekat.

“Alhamdulillah semuanya dalam kondisi normal dan bisa berfungsi dengan baik. Petugas di sini tolong standby 24 jam untuk mengantisipasi debit air yang bisa saja naik tiba-tiba akibat hujan deras,” ujarnya memberi arahan kepada petugas jaga rumah pompa.

Pengecekan serupa juga dilakukan Bakri Siddiq di rumah pompa Gampong Peuniti yang memiliki tiga unit pompa air. “Tolong dipastikan, begitu dibutuhkan, rumah pompa ini bisa difungsikan segera guna menghindari banjir genangan di pemukiman warga,” ujarnya.

“Pak Kadis, ini tolong diperbaiki segera karena sangat membahakan bagi masyarakat khususnya para pengguna jalan. Apalagi di musim hujan seperti sekarang bisa lebih parah amblasnya.” “Siap Pak,” jawab Kadis PUPR M Yasir yang ikut meninjau ke lokasi.

Bakri juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan serta aktif gotong rotong.

“Tolong dilaporkan jika ada genangan air seperti ini, agar bisa ditindaklanjuti segera oleh petugas. Tadi kita cek rupanya ada yang tersumbat sehingga airnya tergenang. Dan yang tak kalah penting, mari bersama menjaga kebersihan lingkungan kita,” tegasnya. (*)