Kamis, September 19, 2024
BerandaWisata & TravelIlalang Park, Pesona Hijau dari Bukit Radar 

Ilalang Park, Pesona Hijau dari Bukit Radar 

Di Ilalang Park anak-anak bisa bermain, sementara orang tua bersantai menikmati panorama alam yang hijau dengan udaranya yang segar.

Hamparan hijau pepohonan dan gagahnya Gunung Seulawah Agam, tampak jelas dan mempesona ketika dilihat dari ketinggian 390 Mdpl Ilalang Park Bukit Radar, Blang Bintang, Aceh Besar.

Letak geografis Aceh yang dikelilingi oleh Selat Malaka dan Samudra Hindia menawarkan pesona laut biru yang menakjubkan. Pemandangan ini bisa dinikmati dari Ilalang Park, yang terletak di Bukit Radar, Aceh Besar.

Di sisi selatan dan barat daya Ilalang Park, pengunjung bisa menikmati hamparan hijau pepohonan, kilauan atap rumah penduduk dan megahnya jejeran Bukit Barisan.

Pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari pusat Kota Banda Aceh atau sekitar 10 menit dari Bandara Sultan Iskandar Muda untuk sampai ke Ilalang Park.

Wisata yang baru dibuka sejak Maret 2023 ini menawarkan keindahan matahari terbenam (sunset) dan city night view yang memukau. Di sini, pengunjung bisa merasakan sensasi hembusan angin sepoi-sepoi, sambil menikmati udara bebas di bawah atap langit. Setiap sudut tempat ini sangat Instagramable, sempurna untuk berswafoto.

Sesampainya di Bukit Bintang, para pengunjung akan disambut oleh bangunan unik dengan desain interior kekinian, yaitu kafe yang memiliki dinding kaca sehingga wisatawan dapat melihat panorama di luar dari dalam ruangan.

Pengunjung bisa bersantai sambil menyeruput kopi arabika atau minuman lain yang tersedia di kafe Ilalang ini. Makanan ringan dan berat juga bisa dipesan.

“Abang boleh coba mie pangsit yang khusus diracik chef kita di sini,” kata Fahmi menawarkan menu andalan Ilalang Park.

Owner Ilalang Park, Fahmi, menjelaskan kawasan sekeliling yang hijau oleh tanaman eucalyptus. (Foto/Ist)

Owner Ilalang Park ini meyakinkan kami untuk mencoba salah satu menu, yakni mie pangsit. Bagi penulis, setelah mencicipi mie pangsit, citarasanya memang sesuai ekspektasi penulis.

“Ini mie pangsit terenak yang saya temui selama di Aceh,” cetus Rizal, jurnalis dari Medan. Harganya pun terbilang masih terjangkau, Rp26.000/porsi.

Ilalang Park juga memiliki rooftop yang cocok untuk tempat nongkrong. Jika datang pada malam hari, Anda juga bisa melihat gemerlap lampu kota dari kejauhan. Pengunjung merasa seolah sedang berada di dalam pesawat detik-detik akan mendarat pada malam hari.

Pemilik Ilalang Park ini, Fahmi, kepada Waspadaaceh.com, Sabtu (27/7/2024), mengatakan lahan Ilalang Park seluas 48 hektare ini terdiri dari area kafe, kawasan adventure, dan areal kebun.

Di Ilalang Park anak-anak bisa bermain, sementara orang tua bersantai menikmati panorama alam yang hijau dengan udaranya yang segar. “Banyak kegiatan bisa digelar di sini,” kata Fahmi.

Hamparan hijau dan jejeran Bukit Barisan bisa disaksikan dari Ilalang Park Bukit Radar Blang Bintang Aceh Besar. (Foto/dok.Wsspadaaceh)

Fahmi menuturkan visi dan misi Ilalang Park adalah untuk education knowledge creation, sehingga tempat ini nyaman untuk keluarga.

Menurut Fahmi, kawasan Ilalang Park didominasi oleh tumbuhan eucalyptus yang dikenal sebagai bahan baku minyak kayu putih.

Fahmi juga menyebutkan pada zaman pemerintahan Soeharto, kawasan ini hendak dijadikan Hutan Tanaman Industri (HTI) eucalyptus, namun pengembangannya tidak sesuai dengan ekspektasi sehingga tidak dilanjutkan.

Ilalang Park juga menawarkan berbagai aktivitas seru seperti flying fox sepanjang 500 meter, yang dapat dinikmati dengan tarif Rp50 ribu sekali naik. Wahana ini biasanya beroperasi setiap hari Sabtu dan Minggu.

Berbagai kegiatan dapat digelar Ilalang Park karena fasilitasnya lengkap, termasuk area camping ground. Pengunjung bisa berkemah dengan keluarga atau sahabat sambil bakar-bakar ikan.

Sebelumnya, pada momen libur Idul Fitri 1445 H, Ilalang Park menjadi destinasi favorit bagi wisatawan dari berbagai daerah.

Rahmad, seorang wisatawan asal Kota Sigli, Kabupaten Pidie, sengaja datang ke Ilalang Park untuk berlibur bersama keluarganya. Mereka mencari suasana baru dan bersilaturahmi dengan keluarga yang berada di Banda Aceh.

“Ingin cari suasana baru aja, sekaligus bersilaturahmi berlibur dengan keluarga yang berada di Banda Aceh,” ungkapnya.

Meskipun terpesona dengan keindahan alam yang bisa dipandang dari Ilalang Park, Rahmad memberikan saran agar pengelola wisata menambah variasi menu makanan dan wahana untuk anak-anak. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER