Selasa, Maret 5, 2024
Google search engine
BerandaGempa M 6,0 Guncang Taput, Sejumlah Rumah Rusak

Gempa M 6,0 Guncang Taput, Sejumlah Rumah Rusak

Medan (Waspada Aceh) – Gempa magnitudo 6,0 dilaporkan mengguncang wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu dini hari (1/10/2022) sekitar pukul 02.28.41 WIB.

Akibat guncangan gempa, banyak masyarakat yang berhamburan lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Bahkan listrik sempat padam beberapa saat sehingga daerah sekitar gelap gulita.

“Kami tadi malam sekeluarga terbangun dan lari keluar rumah. Guncangannya cukup kuat,” kata Julia kepada Waspadaaceh.com, Sabtu pagi. Julia tinggal di Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, yang bertetangga dengan Kabupaten Tapanuli Utara.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,11° LU ; 98,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km,” kata Plt. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya

Dia menyebutkan hingga pukul 05.59 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 43 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 5,1 dan magnitudo terkecil 2,5.

Gempa bumi ini dilaporkan telah menimbulkan kerusakan pada beberapa rumah warga. Bahkan, sejumlah fasilitas umum seperti halte bus di Tarutung ada yang ambruk akibat guncangan gempa tersebut. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments