Beranda Nasional 30 Tewas dalam Insiden Kebakaran Pabrik Mancis di Binjai

30 Tewas dalam Insiden Kebakaran Pabrik Mancis di Binjai

BERBAGI
Kobaran api tampak membakar rumah yang menjadi pabrik perakitan korek api mancis di Binjai, Jumat siang tadi (21/6/2019). 30 Orang tewas dalam insiden ini. (Foto/Ist)

Medan — 30 Orang dinyatakan tewas dalam insiden kebakaran di sebuah pabrik perakit korek api mancis di Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Jumat siang tadi (21/6/2019).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat, Irwan Syahri, mengatakan, total jenazah yang telah ditemukan ada 30 orang. Ketika api baru padam, jenazah yang diangkat baru 24 orang. Tapi saat dibongkar ternyata jumlahnya mencapai 30 korban tewas.

Irwan menyebutkan sebagian besar kondisi korban hangus terbakar dan sulit dikenali. Seluruh korban tewas tersebut merupakan pekerja pabrik dan berjenis kelamin perempuan.

Berita Terkait: Berikut 30 Nama Korban Tewas pada Kebakaran di Binjai, 3 Orang Masih Anak-anak

“Pada saat kejadian, yang ada di pabrik itu sekitar 34 orang. Tapi 4 orang pekerja lainnya selamat,” ujarnya.

Masyarakat dan petugas sedang berupaya memadamkan api yang membakar pabrik korek api. (Foto/Ist)

Dia mengatakan, lokasi tersebut sebenarnya bukan pabrik tapi rumah, yang dijadikan sebagai tempat isi ulang pemantik api atau mancis, tegas Irwan.

Kebakaran terjadi sekira pukul 11.00 WIB siang. Api dengan cepat membesar karena sebagian besar barang di pabrik tersebut memang mudah terbakar karena ada kandungan gas. Bahkan saksi mata mendengar terjadi beberapa kali ledakan.

“Saat ditemukan jenazah menumpuk. Korban tewas ada juga anak-anak. Karena mereka mengikuti orang tuanya yang bekerja di pabrik rumahan itu,” kata Irwan. (sulaiman achmad)

BERBAGI