Warga Pirak Timu Gelar Aksi Demo Minta PGE Lakukan Pengaspalan Jalan

    BERBAGI
    Seratusan warga Kecamatan Pirak Timu Aceh Utara, menggelar aksi demo untuk menuntut pihak PT. Pema Global Energi (PGE) segera melakukan pengaspalan jalan di kawasannya . (foto/Syaiful)

    Aceh Utara (Waspada Aceh) – Seratusan warga Kecamatan Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara, menggelar aksi demo, Kamis (13/1/2022), menuntut pihak PT. Pema Global Energi (PGE) segera melakukan pengaspalan jalan lintas Kecamatan Pirak Timu-Matangkuli.

    Aksi yang dilakukan warga empat desa, yaitu Desa Alue Bungkoh, Teupin U, Pucok Alue dan Ara Tunton, sebagai bentuk protes kepada pihak perusahaan yang telah berjanji untuk melakukan pangaspalan pada 2020 lalu.

    Pengamatan Waspadaaceh.com di lapangan, sejumlah pendemo mengusung sejumlah spanduk dan poster yang berisi tulisan ungkapan kekecewaan warga.

    Koordinator lapangan (Korlap), Abubakar, menyebutkan, aksi ini dilakukan warga karena tidak sanggup lagi melihat kondisi jalan yang telah rusak parah. Pada musim hujan, jalan seperti kubangan kerbau, sehingga anak sekolah dan warga yang melintas sering terjatuh bahkan ada yang mengalami luka-luka.

    “Kami mendesak pihak PGE, untuk segera melakukan pengaspalan jalan sekitar 8 kilometer seperti yang telah dijanjikan ada tahun 2020 lalu,“ terang Abubakar didampingi orator aksi, T Faisal Razi.

    Menurutnya, pada awal tahun 2020, warga empat desa dalam Kcamatan Pirak Timu, telah melayangkan permohonan perbaikan jalan melalui Komisi III DPRK Aceh Utara. Namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan maupun pengaspalan dari pihak perusahaan.

    “Dengan kondisi jalan seperti ini, selain mengancam keselamatan para pengendara yang melintas juga menghambat perekonomian masyarakat. Maka jika dalam waktu dekat tidak direspon masyarakat Pirak Timu akan menggelar aksi lebih besar di depan perusahaan tersebut untuk menuntut janji,” tegasnya.

    Menanggapi aksi tersebut, Field Manager PGE, Agung Widyantoro menyebutkan, PT PGE dengan dukungan penuh dari BPMA telah berkomitmen untuk memperbaiki jalan lintas Kecamatan Pirak Timu-Matangkuli.

    “Pengerjaan jalan ini sedang dalam proses pengadaan. Kami mohon dukungan dari semua masyarakat khususnya warga Pirak Timu, sehingga manfaatnya dapat dirasakan sebaik-baiknya untuk memudahkan transportasi dan bisa mendukung pengembangan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (Syaiful).