Selasa, Maret 5, 2024
Google search engine
BerandaAcehSiswa SMP Negeri 1 Banda Aceh Raih Medali Emas di FLS2N Nasional

Siswa SMP Negeri 1 Banda Aceh Raih Medali Emas di FLS2N Nasional

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Siswa SMP Negeri 1 (SMPN 1) Banda Aceh, Kamelia Hasanah, Siti Carissa, dan Windy Fathien Nadzhirah, berhasil meraih peringkat 1 dan mendapatkan medali emas nasional pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMP Tahun 2023 untuk cabang lomba Tari Kreasi.

FLS2N ini digelar Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 14-19 Agustus 2023, di Golden Boutique Hotel Kemayoran Jakarta.

Selain itu, siswa yang menjadi perwakilan Provinsi Aceh ini berhasil mendapatkan penghargaan khusus sebagai Penari Terbaik Tingkat Nasional.

Pj Wali Kota Banda Aceh, Amirudin mengucapkan selamat dan apresiasi yang luar biasa atas prestasi yang diraih oleh anak-anak SMP Negeri 1 Banda Aceh karena berhasil menyisihkan peserta terbaik dari daerah lain seperti Provinsi Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, NTB, Papua dan Riau.

“Saya berharap, anak-anak ini terus dibina sehingga menjadi kebanggaan bagi Kota Banda Aceh ke depannya,” ungkapnya, Sabtu (19/8/2023).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri, didampingi oleh Plt Kepala Sekolah SMPN 1, Nurjani, menjelaskan bahwa perlombaan ini diselenggarakan secara berjenjang dari mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi, dilanjutkan sampai babak semifinal untuk mendapatkan 10 finalis Tingkat Nasional.

“Ketiga siswa terbaik kita ini membawakan sebuah tarian kreasi yang diberi nama “Tari Puteh”. Tari ini bercerita tentang problematika sosial dan kemanusian, yaitu kekerasan seksual pada anak yang dibungkam dan dibelenggu keadaan dan situasi,” jelas Sulaiman.

Sulaiman menjelaskan Disdikbud Banda Aceh dan SMPN 1 bekerja sama dengan Penata Tari, Novirela Minang Sari, yang merupakan Guru Seni dan Budaya SMPN 1 Banda Aceh. “Termasuk peran dari Penata Artistik adalah Farhana Atikah, mahasiswa USK, dan Dekjal alumnus Seni Tari ISBI Aceh. Sedangkan Penata Musik adalah Rahmat, alumnus Seni Musik ISBI Aceh,” tuturnya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments