Sabtu, April 13, 2024
Google search engine
BerandaRuas Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Siap Dilalui Pemudik

Ruas Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Siap Dilalui Pemudik

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Jelang mudik Lebaran 2023, PT Hutama Karya (Persero) memastikan bahwa sepanjang 596 Km ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah siap beroperasi untuk para pemudik. Pemudik dipastikan dapat melalui beberapa ruas tol yang sudah rampung dikerjakan itu.

Ruas-ruas jalan tol tersebut di antaranya :
– Ruas Bakauheni– Terbanggi Besar sepanjang 140 Km
– Ruas Terbanggi Besar– Pematang Panggang– Kayu Agung sepanjang 189 Km,
– Ruas Palembang Indralaya sepanjang 21,9 Km
– Ruas Pekanbaru– Dumai sepanjang 131 Km
– Ruas Medan – Binjai sepanjang 17,3 Km
– Ruas Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai– Stabat) sepanjang 11,8 Km
– Ruas Sigli– Banda Aceh Seksi 2, 3 & 4 (Seulimeum– Blang Bintang) sepanjang 35,8 Km

Serta dua ruas tol yang baru saja dioperasikan di akhir tahun lalu yaitu:

– Ruas tol Pekanbaru – Padang Seksi 1 (Pekanbaru– Bangkinang) sepanjang 31 Km
– Ruas Bengkulu – Taba Penanjung sepanjang 17,8 Km.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan, dengan bertambahnya ruas baru yang beroperasi di tahun ini semakin menambah panjang jalur mudik yang dapat dilalui masyarakat. Pada musim mudik tahun 2019 sebelum pandemi, JTTS yang beroperasi baru mencapai 329 Km. Kini panjang JTTS telah mencapai 597 Km atau bertambah 268 Km dalam kurun waktu 4 tahun.

“Dengan semakin panjangnya ruas tol yang beroperasi, maka minat pemudik dari tahun ke tahun semakin meningkat dan berpotensi menyebabkan lonjakan lalu lintas,” kata kata Koentjoro dalam pernyataan resminya yang diterima Waspadaaceh.com, Sabtu (8/4/2023).

Untuk itu masyarakat diimbau untuk selalu memastikan kecukupan saldo sebelum memulai perjalanan lewat tol agar tidak menyebabkan antrian di gerbang tol.

Koentjoro juga mengimbau kepada pemudik memastikan fisik dalam kondisi prima sebelum mengemudi dan jika merasa mengantuk atau lelah untuk segera beristirahat di rest area yang telah disediakan. Sebab, menurutnya, microsleep menjadi faktor yang cukup krusial di jalan tol.

Hutama Karya telah menyiapkan sebanyak 21 rest area dengan fasilitas lengkap di ruas Bakauheni – Terbanggi Besar dan Ruas Terbanggi Besar- Pematang Panggang- Kayu Agung dengan kapasitas parkir hingga lebih dari 3000 kendaraan, 1.106 toilet, 659 toilet tambahan, 11 lokasi SPBU, dan 6 lokasi SPKLU serta 4 (empat) rest area sementara di Ruas Pekanbaru- Dumai dengan fasilitas yang tidak kalah lengkap dari rest area permanent.

Di tahun ini, katanya, Hutama Karya juga menyiapkan sejumlah ruas tol yang akan dioperasikan secara fungsional diantara lainnya yaitu Ruas Sigli- Banda Aceh Seksi 5 & 6 (Blang Bintang- Baitussalam) sepanjang 13 Km, Ruas Binjai- Pangkalan Brandan Seksi 2 (Stabat- Kuala Bingai) sepanjang 7,9 Km dan Ruas Indralaya- Prabumulih sepanjang 63,5 Km.

“Rencananya untuk ruas-ruas tersebut ditargetkan akan dioperasikan secara fungsional mulai tanggal 15 April hingga 30 April 2023, namun saat ini kami masih mempersiapkan segala fasilitas dan pelayanannya agar dapat sesuai dengan standar yang berlaku, khusus untuk Ruas Indralaya- Prabumulih khususnya KM 66- KM 73 akan diberlakukan skema contraflow,” tambahnya.

Mudik 2023 Siap Melalui JTTS

Sejak tahun 2015 pemerintah melalui Kementerian Keuangan lewat Penyertaan Modal Negara (PMN) memiliki peranan penting untuk pembangunan nasional termasuk infrastruktur. Dalam pembangunan mega proyek JTTS yang ditugaskan oleh Pemerintah, Hutama Karya telah menerima suntikan modal dari APBN sebesar Rp83,6 triliun yang diberikan secara bertahap.

Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui akun instagramnya @smindrawati juga mengatakan infrastruktur dapat menopang kemajuan ekonomi.

“Uang APBN, termasuk uang dari pajak Anda diinvestasikan untuk membangun Infrastruktur yang sangat penting dan strategis menopang kemajuan ekonomi, menciptakan pemerataan kesejahteraan dan mendorong kemajuan seluruh pelosok Indonesia,” ujar Sri Mulyani.

Sebagai informasi, terdapat 13 jumlah ruas JTTS yang pembangunannya dibantu oleh PMN di antaranya ruas Medan-Binjai, Palembang- Simpang Indralaya, Pekanbaru- Dumai, Sigli- Banda Aceh, & Binjai- Langsa. Atas sinergi pemerintah melalui Kementerian Keuangan bersama Hutama Karya, Koentjoro berharap PMN dapat bermanfaat bagi masyarakat. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER