Minggu, Juni 23, 2024
Google search engine
BerandaRSUD Teuku Umar Calang Rawat 1 Pasien ODP COVID-19

RSUD Teuku Umar Calang Rawat 1 Pasien ODP COVID-19

Calang (Waspada Aceh) – Koordinator tim Gugus Tugas Percepatan Penangganan COVID-19, Ernani Wijaya, merilis satu pasien orang dalam pemantauan (ODP) Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 di ruang isolasi khusus RSUD Teuku Umar Calang, Senin malam (23/3/2020).

“Sesuai dengan konfirmasi yang diberikan oleh pihak RSUD Teuku Umar Calang menyangkut pasien ODP 01 berasal dari Kecamatan Jaya, masuk tadi sore,” ungkap Ernani.

Ernani menjelaskan dari hasil pemeriksaan laboratorium masih nomal dan hasil rontgen terdapat sedikit bercak di paru-paru, sehingga pasien direncanakan akan di rujuk ke RSZA Banda Aceh.

“Tim RSUDTU telah mempersiapkan proses rujukan pasien ODP 1 sesuai prosedur (SOP) penangganan pasien status ODP COVID-19,” ungkapnya.

Ernani mengungkapkan, sesuai hasil koordinasi dengan pihak RSZA Banda Aceh, pasien dapat dilakukan observasi di RSUDTU sampai Selasa (24/3/2020).

Selanjutnya, tambah Ernani, akan dilihat kembali kondisi perkembangan pasien untuk dilakukan langkah-langkah penangganan lebih lanjut.

“Saat ini pasien dirawat pada ruangan khusus RSUDTU Calang dengan tetap mengikuti standar prosedur penangganan pasien ODP. Hingga saat ini, di Aceh Jaya, masih satu orang yang dinyatakan ODP COVID-19, sedangkan PDP masih belum ada,” pungkasnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, pasien merupakan warga Jawa Tengah yang baru saja mengantarkan mobil pesanan ke Lamno, Kecamatan Jaya.

Setelah dipantau oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sejak tanggal 19 Maret lalu hingga saat ini, pasien tersebut mengalami suhu badan mencapai 38 derejat yang disertai batuk dan tenggorokan kering.

Sementara itu, pasien saat ke RSUD tidak masuk melalui IGD, namun setelah menjalani sejumlah pemeriksaan, langsung ditempatkan di ruang isolasi khusus.

Pengambilan sampel darah pasien langsung di mobil ambulan, terus menjalani rontgen dan langsung ditempatkan di ruang isolasi. Terlihat tim medis siaga melakukan pemantau sejak pasien dirawat. (Zammil)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER