Selasa, Februari 27, 2024
Google search engine
BerandaOlahragaPON XX Papua: Luar Biasa, Tarung Derajat Aceh Sumbang 3 Emas 1...

PON XX Papua: Luar Biasa, Tarung Derajat Aceh Sumbang 3 Emas 1 Perak 5 Perunggu 

Timika (Waspada Aceh) – Tarung Derajat Aceh menorehkan sejarah baru di PON XX Papua. Pada nomor seni gerak ini, Kontingen Aceh berhasil meraih tiga emas, satu perak dan lima perunggu.

Pertandingan puncak Tarung Derajat di final secara marathon dimainkan sejak pagi dan sore, pada Selasa (12/10/2021) di GOR Emma Neme, Timika. Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf, alias Mualem, sejak dua hari ini tampak menyaksikan langsung penampilan para atlet Tarung Derajat Aceh di semifinal dan final.

Tiga medali emas disumbangkan Tarung Derajat untuk Aceh, antara lain dari Seni Gerak Tiga Garang Putra, dengan personel, Juanda, M Iqbal dan Imran.

Emas kedua nomor Tari Gerak Putra, atas nama Juanda duet bersama Iqbal.

Emas ketiga untuk Kontingen Aceh dari nomor Seni Gerak Tarung (Getar) campuran atas nama, Teta Rika, Juanda dan M Iqbal

Para atlet Tarung Derajat dari nomor Seni Gerak Tarung Derajat saat final di GOR Timika, Papua, Selasa (12/10/2021). (Foto/Ist)

Selain tiga medali emas, Tarung Derajat Aceh juga menyumbang satu perak atas nama Kandar Hasan di kelas 70 Kg.

Di final, Kandar kurang beruntung. Meski di menit awal dia menguasai permainan, namun dalam satu serangan, pertahanan Kandar terbuka. Kondisi itu langsung dimanfaatkan lawan dengan pukulan telak mengenai bagian rahang kiri, menyebabkan Kandar langsung terjatuh: Kalah KO dengan petarung tuan rumah Papua, Robertus Asso.

Lima medali perunggu yang diraih Tarung Derajat Aceh, masing- masing diraih Ifra M Muhammad Khadafi, Nirwansyah, Deni Ilham Pamungkas. Satu perunggu lagi dari Seni Gerak Gutri atas nama Teta Arum Darandi, Rika Handayani sama Ela Marlisa.

Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar, menyampaikan puji syukur atas torehan medali yang dipersembahkan Tarung Derajat untuk masyarakakat Aceh.

“Mereka pejuang olahraga Aceh. Kami bangga karena sudah mengangkat harkat dan marwah Aceh di event nasional ini,” kata Abu Razak, panggilan akrab Ketua Harian KONI Aceh itu kepada Waspadaaceh.com di tribun Mimika Sport Center, Selasa (12/10/2021).

Dengan raihan medali ini, kontingen Aceh sudah mengumpulkan sepuluh emas, setelah Fuad Ramadhan, pelari nomor 400 meter meraih medali emas dengan waktu 27,3. Demikian wartawan Waspada, Aldin Nainggolan, melaporkan dari MSC, Mimika Selasa (12/10/2021). (Aldin Nainggolan)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments