Beranda Olahraga Percasi Aceh Akan Kirim Atlet Catur ke Malaysia

Percasi Aceh Akan Kirim Atlet Catur ke Malaysia

BERBAGI
Para atlet catur saat berlatih di Banda Aceh. (Foto/Humas Percasi)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Dalam rangka pelaksanaan try out tim catur Pelatda PON XXI/ 2024 Aceh–Sumut, Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Aceh akan mengirimkan para atlet catur terbaiknya untuk menguji kemampuan ke negeri jiran Malaysia, pertengahan Agustus 2022.

Ketua Umum Pengprov Percasi Aceh, H. Ihsanuddin, di Banda Aceh, Rabu (3/8/2022) mengatakan, tim catur Aceh ini terdiri dari 4 atlet dan 1 orang pelatih. “Mereka berada di Malaysia sekitar satu bulan,” kata Ihsan.

Dia menjelaskan, para atlet yang akan dikirim ke Malaysia ini adalah mereka yang tergabung dalam Tim Catur Pelatda PON XXI/2024 binaan KONI Aceh bulan April 2022. Empat atlet terdiri MN Sarmadoli S, MN Irwandi, FM Zulkhairi dan Hunter Chalid. Mereka didampingi seorang pelatih muda bertalenta yaitu Dian Maulana PNP.

Nantinya di Malaysia, papar Ihsan, para atlet catur Aceh ini akan terjun dalam sejumlah event kejuaraan bertaraf International maupun regional yang digelar di negara tetangga tersebut. Diantara event paling bergengsi yang diikuti adalah Kejuaraan Malaysia Open di mana para pesertanya bergelar Grand Master (GM) yang berasal dari sejumlah negara.

Selain mengikuti event bergengsi Malaysia Open, para atlet catur Aceh juga akan tampil di Kejuaraan KL Master, Malaysia Chess Championship (Open dan Chalengers) dan Kedah Championship serta beberapa kejuaraan catur regional di sana.

“Dan yang tidak kalah pentingnya Tim Catur Aceh akan mengadakan program sparring partner dengan Tim Catur Malaysia”, jelas Ihsanuddin yang juga Ketua Fraksi PPP di DPRA ini.

Terkait dengan keberangkatan Tim ke Malaysia, kata Ihsan, Pengprov Percasi Aceh telah mempersiapkan segala persyaratannya seperti pasport atlet dan pelatih, hingga membayar biaya pendaftaran peserta untuk mengikuti sejumlah kejuaraan di sana, lanjut Ihsan.

Dia mengucapkan penghargaan yang tinggi atas dukungan KONI Aceh yang ikut membantu, baik segi moril maupun dana terhadap Tim Catur Aceh.

Tim Catur Pelatda PON XXI/2024 Aceh-Sumut akan berangkat ke Malaysia melalui Bandara Kualanamu Medan pada Kamis (25/8/2022) dan akan kembali ke tanah air pada 20 September 2022. (Kia Rukiah)

BERBAGI