Beranda Aceh Pemkab Aceh Jaya Anggarkan Rp3,8 Miliar untuk Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Patek...

Pemkab Aceh Jaya Anggarkan Rp3,8 Miliar untuk Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Patek – Krueng Caleuh

BERBAGI
Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB, meninjau kondisi jalan di Gunong Lhok Batee, Desa Blang Dalam Kecamatan Darul Hikmah, setelah menerima keluhan dari warga, Kamis (12/5/2022). (Foto/Zammil)

Calang (Waspada Aceh) – Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB, Kamis (12/5/2022), meninjau kondisi jalan di Gunong Lhok Batee, Desa Blang Dalam Kecamatan Darul Hikmah, setelah menerima keluhan dari warganya.

“Untuk pembangunan jalan Gunong Lhok Batee Kecamatan Darul Hikmah ini memang sudah lama (diharapkan) masyarakat. Warga mengeluh kondisi jalan ini sehingga pada tahun 2022 kita lakukan peningkatan. Kita menganggarkan sebesar Rp3,8 miliar dengan ruas jalan Patek – Suak Beukah,” ujar bupati.

Kata bupati, pihaknya akan memprioritaskan pembangunan jalan sambungan dari Desa Gunong Cut Kecamatan Darul Hikmah menuju Desa Ligan Kecamatan Sampoiniet.

“Alhamdulillah, proses lelang pengerjaan di gunong Lhok Batee ini telah selesai dan kami sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Aceh Jaya, dalam minggu ini sudah ada kontraknya. Mudah – mudahan, mulai minggu depan sudah mulai dikerjakan pembangunan jalan ini,” lanjutnya.

Bupati juga mengungkapkan, bedasarkan pantauannya, kondisi jalan Patek – Krueng Tho juga masih banyak lubang sehingga perlu dilakukan patching (penambalan) agar akses jalan tersebut dapat digunakan dengan baik oleh warga.

“Terkait kondisi tersebut, kita sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas PUPR Aceh Jaya beserta kabidnya agar dana pemeliharaan jalan untuk diprioritaskan melakukan patching di jalan Patek – Krueng Tho dulu,” ungkapnya

Tambah bupati, baru kemudian ruas jalan lain yang perlu dilakukan patching, seperti di Desa Sawang, Kecamatan Setia Bakti dengan anggaran yang tersedia sebesar Rp1 miliar.

Bupati menekankan agar konsultan yang mengawasi jalannya pembangunan, baik gedung mau pun jalan, dikawal oleh Dinas PUPR Aceh Jaya. Karena, kata bupati, banyak temuan konsultan pengawas jarang ke lapangan.

“Ini menjadi tugas bagi PUPR Aceh Jaya untuk mengawal agar sempurna dalam pembangunan, baik gedung maupun ruas jalan,” ujarnya.

Bupati juga mengungkapkan ruas jalan di Desa Gunong Cut Kecamatan Darul Hikmah menuju Desa Ligan Kecamatan Sampoiniet, juga menjadi perioritas untuk dilakukan pembagunan lanjutan.

“Informasi yang kami terima, jalan ini juga merupakan akses warga dari Ligan ke Suak Beukah dan begitu sebaliknya. Maka, jalan ini juga akan menjadi perioritas untuk dilakukan pembagunannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Jaya, Usman ID meminta pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan jalan di kawasan Gunong Lhok Batee, Desa Blang Dalam Kecamatan Darul Hikmah.

Pasalnya, jalan tersebut mulai terkikis oleh air akibat curah hujan tinggi selama sepekan terakhir ini.

“Kondisi jalan sudah mulai berlubang di bagian tengah badan jalan disebabkan terkikis oleh air karena curah hujan sangat tinggi selama sepekan terakhir,” ujar Usman ID, Senin (9/5/2022) di Calang.

Dia menjelaskan, jalan tersebut merupakan penghubung antar desa di Kecamatan Darul Hikmah. Bahkan jalur pintas dari Calang menuju ke mukim Pante Purba, Kecamatan Sampoiniet.

“Kami meminta dinas terkait untuk mempercepat pembangunan jalan tersebut. Mengingat jalan ini banyak penggunanya dan mengurangi korban kecelakaan bagi pengguna jalan,” ujarnya.

Dilansir dari halaman website http://lpse.acehjayakab.go.id, proyek Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Patek – Krueng Caleuh Kec. Darul Hikmah dimenangkan oleh CV. Alam Mega Jaya, beralamat di Desa Alue Ambang Kecamatan Teunom, Aceh Jaya dengan pagu anggaran Rp3.817.877.000,00. (Zammil)

BERBAGI