Minggu, April 21, 2024
Google search engine
BerandaPariwaraOlahraga Rutin Indikator PHBS, Penting Diterapkan Anak Muda

Olahraga Rutin Indikator PHBS, Penting Diterapkan Anak Muda

“Tidak bisa dipungkiri kebanyakan masyarakat mengonsumsi lemak, banyak gula dan garam dalam jumlah tidak wajar”

–Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Aceh, dr.Sulasmi–

Membiasakan olahraga adalah salah satu indikator Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Membiasakan diri untuk beraktivitas fisik secara rutin juga menandakan seseorang menjalani pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Olahraga adalah sebuah aktivitas fisik yang sangat sehat dan penting untuk dilakukan secara rutin. Meskipun berada di tengah himpitan kesibukan, olahraga/aktivitas fisik ringan tetap harus dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa olahraga merupakan sebuah kegiatan yang melelahkan, namun dibalik itu semua, manfaat olahraga dapat dirasakan oleh tubuh, seperti membentuk kekuatan serta kesehatan tubuh.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ada lima manfaat olahraga bagi tubuh seseorang, pertama menormalkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kedua, membakar kalori di dalam tubuh, ketiga menyehatkan jantung. Keempat, mencegah terjadinya obesitas. Kelima, mengurangi stres.

Jika melihat banyaknya manfaat dari olahraga, tentunya tidak ada alasan lagi bagi seseorang untuk tidak melakukan olahraga. Salah seorang mahasiswa S-3 di Universitas Syiah Kuala, Dedi, mengatakan sangat banyak cara untuk membiasakan pola hidup sehat, salah satunya berolahraga.

Salah seorang warga Banda Aceh, saat melakukan olahraga di Lapangan Gelanggang, USK, Banda Aceh, Kamis (20/12/2023). (Foto/Kia)

Dedi mengakui, sangat banyak manfaat olahraga yang dapat dirasakan. Selain itu, waktu olahraga juga tidak terikat dan bisa dilakukan pada pagi, siang maupun malam hari.

Salah satu manfaat olahraga di pagi hari, kata Dedi, tentunya akan lebih fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan lebih segar. Paling besar manfaatnya ketika berolahraga rutin, imun menjadi kuat dan penyakit tidak gampang menyerang.

“Karena darah sudah mengalir kencang horman sudah keluar, jadi membuat hari kita lebih aktif,” sebutnya kepada Waspadaaceh.com, usai berolahraga di Lapangan Gelanggang Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu (20/12/2023).

Begitu juga sebaliknya, dampak jarang berolahraga tidak fit, malas-malasan, mudah terserang penyakit. Apalagi, makanan sekarang banyak yang mengandung minyak dan menggunakan micin Micin atau Monosodium Glutamat (MSG) secara berlebihan serta ditambah lagi, dengan kurang gerak.

“Ketika kita kurang gerak, dan sesekali melakukan kegiatan yang berat atau kegiatan yang memerlukan energi yang banyak, kita tidak sanggup,” jelasnya.

Karena itu, dia berpesan terutama kepada anak muda untuk mengurangi main handphone yang berlebihan dan membiasakan banyak gerak agar terhidar dari penyakit.

Dia sendiri mengakui rutin setiap hati melakukan olahraga di Lapangan Gelanggang USK. Namun dia berharap kepada USK agar memperbaiki lintasan lari atau running track, karena banyak yang rusak.

“Banyak yang sudah rusak, jadi saya berharap pihak USK memperbaiki ini agar bisa berolahraga dengan nyaman dan mengurangi kecindraan saat berolahraga,” sebutnya.

Perbanyak Olahraga

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Aceh, Sulasmi, kepada Waspadaaceh.com, Selasa (20/12/2023) mengajak masyarakat untuk menggalakkan Pola Hidup Bersih dan Sehat dimana pun berada.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Aceh, dr.Sulasmi. (Foto/Kia)

Kata Sulasmi, ada beberapa indikator PHBS, salah satunya dengan olahraga yang teratur. Olahraga yang teratur mungkin sering disepelekan atau dinomor duakan oleh masyarakat.

Padahal dalam keseharian, kata Sulasmi, masyarakat tidak terlepas mengkonsumsi lemak, gula dan garam secara berlebih. Karena itu, dia mengajak kepada masyarakat Aceh terutama kepada anak muda untuk olahraga yang teratur.

“PHBS ini memang harus digalakkan terus. Jangan merokok, olahraga yang teratur dan tidak bisa dipungkiri kebanyakan masyarakat mengkonsumsi lemak, banyak gula dan garam dalam jumlah yang tidak wajar,” jelasnya.

Karena itu, dia mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh untuk membiasakan hidup sehat baik di lingkungan rumah tangga, sekolah maupun lingkungan kerja. Semua ini, agar bisa menimbulkan kesadaran pribadi, sehingga keluarga dan seluruh anggota mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. (Adv)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER