Meski di Masa Pandemi COVID-19, Jamaah Shalat Ied di Masjid Raya Baiturrahman Membludak 

    BERBAGI
    Suasana pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Kamis (13/5/2021). (Foto/Cut Nauval Dafistri)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Jamaah shalat Hari Raya Idul Fitri 1bSyawal 1442 H/13 Mei 2021di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Kamis (13/5/2021), membludak hingga ke halaman masjid meskipun masih di masa pandemi COVID-19.

    Pantauan Waspadaaceh.com, jamaah sudah hadir sejak pukul 06.30 WIB. Setiap sudut pintu masuk masjid dijaga aparat gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri, untuk mengawasi serta membagikan masker untuk jamaah yang akan masuk area masjid.

    Sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri,
    petugas memeriksa suhu tubuh setiap jamaah.
    Wastafel juga disediakan di semua pintu masuk masjid, lengkap dengan sabun cuci tangan. Perlengkapan serupa juga ada di tempat wudhu.

    Sementara itu pelaksanaan shalat Idul Fitri juga tidak menerapkan jarak antar shaf. Shaf jamaah rapat seperti pada hari biasa, sebelum ada pandemi.

    Imam Shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh adalah Tgk. H. Jamhuri Ramli. Sedangkan Kakan Kemenag Aceh Besar H. Abrar Zym sebagai khatib.

    Dalam khutbah yang disampaikan H.Abrar Zym terkait COVID-19 yang masih melanda dunia termasuk Provinsi Aceh.

    “COVID-19 itu benar adanya, bukan konspirasi dan bukan pula ilusi. Mari kita ikuti anjuran pemerintah agar menerapkan prokes COVID-19,” ajak khatib dalam kutbahnya.

    Khatib juga mengatakan, terkait penderitaan yang dialami umat Islam Palestina akibat tindakan zionis Israel, khatib mengajak ummat Islam untuk berdoa.

    “Mari kita berdoa semoga Allah SWT segera membebaskan Palestina dari cengkeraman Yahudi,” ujarnya.

    Setelah khutbah, warga pulang ke rumah masing-masing. Sebagian warga memilih tetap berada di dalam masjid untuk berkumpul bersama kerabat dan rekannya, berfoto bersama dan bersilaturrahmi. (Cut Nauval Dafistri)