Ribuan Warga Gayo Lues Shalat Idul Fitri di Atas Gunung

    BERBAGI
    Jamaah Shalat Idul Fitri di Desa Seneren, Kecamatan Pantan Cuaca, Kabupaten Gayo Lues, Kamis (13/5/2021). (Foto/Kia Rukiah)

    Blangkejeren (Waspada Aceh) – Masyarakat Desa Seneren, Kecamatan Pantan Cuaca, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, melaksanakan shalat Idul Fitri di atas gunung, Kamis (13/5/2021).

    Pelaksanaan shalat Idul Fitri berjalan dengan khidmat dan khusyuk. Ribuan jamaah memenuhi lapangan yang posisinya berada di atas gunung, walaupun dalam rintikan hujan.

    Imam Gampong Seneren, Jafar, mengatakan  alasan dipilihnya gunung sebagai tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri, berhubung masjid di kampung tersebut tidak mampu menampung jumlah jamaah shalat Idul Fitri karena ukuran masjid tersebut sangat kecil.

    “Seperti biasanya jumlah jamaah shalat Ied lebih banyak dari shalat biasanya. Ditambah orang-orang sudah bersilahturrahmi ke gampong ini sebelum tiba pelaksanaan shalat Idul Fitri. Oleh sebab itu tempat ini menjadi pilihan,” jelas Jafar.

    Dia juga mengatakan, alasan dipilih tempat terbuka, agar para jamaah merasa nyaman karena dikelilingi pohon-pohon yang hijau dan hembusan angin gunung.

    Sebelumnya, pada Hari Raya Idul Fitri tahun lalu, masyarakat melaksanakan shalat Idul Fitri di tengah-tengah sawah. Namun berhubung sawah tersebut baru dipanen, maka pelaksanaan shalat Idul Fitri dialihkan ke gunung yang tanahnya sudah diratakan panitia. (Kia Rukiah)

    BERBAGI